Perawatan Kesehatan Secara Menyeluruh

Segala jenis penyakit semula asalnya dari penderitanya sendiri. Mereka tidak mau menjaga kesehatan secara maksimal dan tidak mengikuti aturan pola hidup yang sehat. Oleh karena itu, perawatan kesehatan secara menyeluruh sangat dipentingkan untuk mencegah dan menghindari impotensi.

Cara menjaga kesehatan secara keseluruhan adalah dengan menjalani pola hidup sehat sepanjang waktu. Menyeimbangkan antara keperluan jasmani dan rohani. Manusia adalah makhluk yang kompleks. Bukan semata-mata tubuh jasmani, melainkan ada juga tubuh rohani, jiwa, perasaan, nurani, hati, dan lain-lain yang perlu pula diperhatikan kesehatannya.

Ada banyak sebab seseorang tidak sehat, di antaranya adalah karena hal-hal berikut ini.

1. Sistem peredaran darah yang tidak lancar.
2. Sistem saraf yang tidak seimbang.
3. Sistem metabolisme tubuh yang tidak normal.
4. Energi yang tidak cukup.

Dengan adanya penyebab tidak sehat tersebut maka bila ingin tubuhnya selalu sehat, seseorang harus melakukan perbaikan-perbaikan pada hal-hal tersebut.

1. Sistem peredaran darah
2. Sistem saraf.
3. Sistem metabolisme tubuh.
4. Energi tubuh.

Apabila kondisi tersebut selalu terjaga maka ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, seperti berikut.

1. Awet muda.
2. Memiliki vitalitas hidup yang lebih prima.
3. Mempertahankan kestabilan kemampuan sistem masing-masing organ dalam tubuh kita.
4. Mengaktifkan dan meregenerasi sel-sel.
5. Meningkatkan daya tahan tubuh maksimal terhadap penyakit.
6. Berpenampilan segar dan bugar.
7. Berumur panjang.

Dengan demikian, sangatlah penting untuk menjaga pola hidup sehat dan menyeimbangkan antara keperluan lahir dan batin. Tidak ada salahnya untuk melakukan general check up untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita. Kemudian mintalah dokter untuk memberikan gambaran apa yang harus dilakukan sehingga kesehatan dapat terjaga sepanjang waktu. Apabila semuanya telah terpenuhi maka manfaat yang diinginkan dapat diperoleh.

Secara umum, menjaga kesehatan secara keseluruhan dapat dirumuskan sebagai berikut.

Memperhatikan Asupan Gizi dan Jenis Makanan yang Masuk ke Dalam Tubuh

Dengan memperhatikan asupan gizi dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, seseorang dapat mengontrol apakah zat gizi yang masuk sudah memenuhi keperluan kalorinya dan apakah jenis makanannya juga sesuai dengan keperluan gizi dan energi yang diperlukan. Sumber-sumber gizi yang bermacam-macam dan berasal dari makanan sehat, seperti fast food, junk food, dan makanan-makanan yang mengandung zat pengawet atau segala sesuatu yang bersifat kimia.

Menjaga kesehatan secara keseluruhan tidak hanya terpaku pada memperhatikan jenis makanan. Lebih dari itu, seseorang harus memperhatikan apa saja yang harus dilakukan dan harus ditinggalkan selepas makan. Jika diperhatikan dengan baik, hal-hal yang sebaiknya ditinggalkan itu maka seseorang akan merasakan manfaat lebih dari makanan yang dikonsumsi.

Merokok

Coba bayangkan! Merokok saja sudah merusak tubuh apalagi jika hal ini dilakukan setelah makan. Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan saja dengan merokok sepuluh batang. Akibatnya, orang yang merokok setelah makan lebih besar kemungkinannya terserang kanker.

Makan Buah

Selama ini, orang salah persepsi tentang hal yang satu ini. Kebanyakan orang makan buah setelah makan. Ini dianggap sebagai tradisi dan mereka meyakini buah sebagai hidangan pencuci mulut. Padahal mengkonsumsi buah setelah makan membuat perut dipenuhi udara alias kembung. Cara ini dapat disiasati dengan mengkonsumsi buah dengan jeda waktu 1 – 2 jam setelah makan. Jangan pula mengkonsumsi buah 1 – 2 jam sebelum amkan. Ini akan membuat perut kenyang dan makan tidak terlalu banyak. Kecuali bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Minum Teh

Berdasarkan penelitian, daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini menyebabkan kandungan protein dalam makanan sulit dicerna. Selain hal itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan terhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80%. Padahal seperti yang kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.

Namun demikian, teha juga banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat. Seperti misalnya mengandung zat kafein dalam dosis rendah sehingga dapat digunakan untuk merilekskan pikiran

Mengendurkan Ikat Pinggang

Ini hal yang sepele, tetapi sering dilakukan oleh banyak orang. Mungkin maksudnya supaya makanan yang masuk bisa lebih banyak dan tidak merasa begah. Padahal mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

Mandi

Walaupun tidak banyak orang yang melakukan, kadang-kadang ada saja yang berpikir untuk mandi setelah makan. Pada pagi hari kebanyakan orang memilih makan dulu daripada mandi dengan alasan setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat lebih besar.

Mereka berpikir untuk mandi sekalian buang air besar. Padahal, mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki, dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

Berjalan-jalan

Satu lagi yang benar-benar harus dihindari. Pernahkah mendengar cerita bahwa orang yang sednag mengikuti lomba gerak jalan maupun lari marathon tiba-tiba saja muntah di tengah jalan?

Itu adalah salah satu alasan mengapa seseorang tidak boleh langsung berjalan apalagi berlari setelah makan. Berjalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah dimakan.

Langsung Tidur

Satu hal yang paling sulit untuk dihindari adalah rasa kantuk setelah makan. Apalagi jika makanan yang baru saja dikonsumsi sangat memuaskan perut dalam artian sangat mengenyangkan. Namun, cobalah untuk tidak mengikuti rasa kantuk tersebut. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

Minum Air Dingin

Hal terakhir ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat adalah minum air dingin. Suhu dingin akibat es yang berkondesasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan terbekukan). Pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran percernaan dan berujung pada kegemukan. Untuk itu, mulai saat ini cobalah mengganti air es yang biasa diminum dengan minum air hangat.

Tetap Berolahraga

Olahraga adalah hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan olahraga, seseorang menjadi bergerak dan membakar kalori. Olahraga juga sangat bagus untuk membantu menjaga metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah, menjaga kestabilan jantung, dan lain-lain. Dengan olahraga, orang juga menjadi lebih semangat dan aktif.

Perhatikan saja orang yang hidupnya selalu teratur olahraga, biasanya juga orang yang sehat dan jarang sakit. Sedangkan orang yang tidak pernah berolahraga, biasanya cenderung malas, leus, mudah patah semangat, dan rawan dengan berbagai penyakit karena metabolisme tubuh yang tidak lancar, peredaran darah yang lambat, gangguan tidur, dan lain-lain.

Jadi, bagaimanapun sibuknya seseorang, tetap disarankan untuk memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga. Kalau tidak sempat berolahraga secara rutin, cobalah untuk berjalan kaki setiap hari selama 25 menit. Ini sudah membantu tubuh untuk bergerak dan cukup menyehatkan badan. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga.

Kenali Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri sangatlah penting. Dengan mengenal diri sendiri, baik kelebihan maupun kekurangan, baik fisik maupun nonfisik. Terimalah dengan terbuka kalau misalnya menyadari tubuh kita ada penyakit dan lakukan usaha pencegahan atau pengobatan yang paling sesuai. Masalah kondisi nonfisik, baik itu masalah, stres, maupun depresi kelolalah dengan baik. Mintalah bantuan ahli kalau tidak mampu menyelesaikannya sendiri.

Pengenalan potensi diri ini juga akan menjadi kunci kesehatan yang prima. Orang yang mengenali dirinya sendiri, tentu tidak akan melakukan sesuatu yang ia tahu merugikan dirinya sendiri. Misalnya, seseorang yang memiliki genetis turunan diabetes mellitus, tentu menyadari bahwa dirinya ada kemungkinan terjangkit diabetes mellitus maka ia akan berusaha menjaga dan mencegah dirinya dari hal-hal yang memicu tumbuhnya diabetes mellitus.

Jangan Gampang Merasa Sakit

Tubuh biasanya memiliki daya tahan tubuh tersendiri untuk menangkal sakit. Pada kondisi normal, gangguan tubuh akan mampu diatasi dengan daya tahan tubuhnya. Oleh karena itu, kalau kehujanan terus tiba-tiba flu, jangan menganggap itu flu serius. Bisa jadi hanya karena efek hujan dan setelah mandi bersih dan istirahat secukupnya, flu akibat hujan itu akan hilang. Ini berarti tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri dengan beristirahat yang cukup.

Kecuali kalau gangguan flu ini berlangsung terus-menerus sampai tiga hari maka tidak ada pilihan lain, penderita harus buru-buru ke dokter. Kalau tidak, bisa-bisa penyakit tersebut akan menjadi masalah kesehatan yang serius.

Sesuaikan Konsumsi Makan dengan Keperluan Tubuh

Setiap orang memiliki keperluan kalori tubuh yang berbeda-beda, bergantung pada umur dan aktivitasnya. Oleh karena itu, sesuaikanlah keperluan kalori tubuh dengan makanan yang dikonsumsi. Perhitungkan berapa kalori yang dimasukkan ke dalam tubuh dan berapa yang dikeluarkan. Dengan pedoman keseimbangan ini maka kegemukan dapat dihindari dan kondisi sehat sepnajang waktu juga dapat dijaga.

Penyakit, sebagian besar disebabkan oleh ketidakseimbangan konsumsi makan dengan keperluan tubuh. Lengkapi konsumsi makan dengan zat-zat yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, kalsium, dan lain-lain yang sangat penting bagi tubuh. Pastikan untuk mendapatkan porsi yang benar. Kalau perlu, konsultasikan dengan ahli gizi sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat terkontrol.

Jaga Kebersihan

Penyakit biasanya muncul karena kuman yang disebabkan kondisi tidak bersih. Oleh karena itu, jagalah kebersihan setiap saat. Baik kebersihan badan, tempat tinggal, lingkungan kerja, maupun lingkungan di sekitar kita. Kebersihan juga lebih terasa enak dan sedap dipandang mata daripada tempat yang kotor.

Biasakan mandi setidaknya 2 kali sehari. Gosok gigi pagi hari dan sebelum tidur. Gantilah pakaian setiap terasa lembab atau gerah karena Indonesia termasuk negara tropis yang panas, terutama pakaian dalam. Ingatlah, kondisi lembab menyebabkan rawan jamur dan penyakit. Bersihkan wajah dan setiap bagian tubuh dengan sebaik-baiknya agar tidak menimbulkan penyakit. Penyakit besar kadang-kadang disebabkan oleh hal-hal kecil yang diremehkan.

Lingkungan tempat tinggal kita juga harus bersih. Jauhkan sampah dan buang pada tempatnya. Periksa apakah ada saluran air yang mampet dan benahi agar tidak menjadi sarang nyamuk. Kuras bak mandi dan bersihkan setiap 3 kali sehari, seminggu sekali, atau dirasa sudah waktunya dibersihkan. Pangkaslah tumbuhan dan pohon-pohonan yang terlalu rimbun agar tidak jadi sarang binatang berbisa.

Masih banyak lagi yang perlu dibahas tentang kebersihan. Intinya, hidup yang sehat adalah hidup yang bersih. Kebersihan mutlak diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Rileks

Milikilah waktu untuk rileks atau bersantai. Caranya bisa bermacam-macam, melakukan hobi masing-masing, rekreasi keluarga, wisata bersama teman-teman, bersilaturahmi, dan melakukan hal-hal positif lainnya. Dengan cara-cara tersebut maka tubuh memiliki waktu untuk bersantai, mengistirahatkan diri dari kepenatan. Badan yang diforsir terus-menerus untuk bekerja juga sangat tidak sehat dan rawan penyakit.

Jadi, siapa saja yang ingin sehat, sempatkan diri untuk rileks. Aturlah waktu dan kalau perlu sediakan anggaran khusus untuk acara rileks ini. Prigram yang tertata baik akan membuat tubuh semakin sehat dan bugar serta penuh semangat. Bukanlah lebih baik waktu, tenaga, dan uang digunakan untuk bersenang-senang daripada mendekam di rumah sakit karena penyakit?

Kembali ke Alam

Zaman semakin maju. Obat-obatan segala macam makin banyak diproduksi. Begitu pula dengan makanan dan minuman. Fasilitas-fasilitas yang memanjakan manusia dengan kecanggihan teknologi semakin banyak. Namun, semuanya itu tidak hanya memberi dampak positif tetapi juga memberikan dampak negatif. Tubuh manusia semakin jarang bergerak. Ini menyebabkan manusia menjadi rawan sakit dan rentan terserang penyakit karena tubuh menjadi lemah dan manja.

Cara terbaik untuk menjadi sehat adalah kembali ke alam. Biasakan jalan kaki setiap pagi hari minimal 30 menit. Gunakan tangga daripada lift atau eskalator. Jauhi makanan dan minuman yang mengandung pengawet dan zat kimia. Sebisa mungkin konsumsilah makanan dan minuman segar yang alami.

Meditasi

Semakin sibuk seseorang dengan aktivitasnya, biasanya ia tidak mempunyai waktu lagi untuk merenung. Padahal perenungan dan meditasi sangat penting untuk kesehatan badan. Meditasi bisa dilakukan dengan olah pernapasan atau yoga sangatlah bagus bagi kesehatan.

Dengan adanya olah pernapasan, seseorang akan dapat mengolah dan mengatur frekuensi pernapasannya. Ini juga akan mengatur suplai oksigen di dalam tubuh. Apabila seseorang bernapas dengan cara yang baik dan teratur, oksigen yang diperlukan hanya dalam jumlah sedikit. Akibatnya hasil karbondioksida pun sedikit. Ini lebih baik karena karbondioksida bersifat racun yang harus dihindari oleh tubuh.

Bersahabat dengan Dokter

Ada banyak orang takut ke dokter karena khawatir kalau ke dokter maka seluruh penyakitnya akan ketahuan. Padahal dengan ke dokter dan menjalani pemeriksaan secara rutin maka gejala-gejala penyakit dapat dikenali sejak dini. Dengan demikian tidak banyak memerlukan penanganan yang berat karena gejala penyakit dini dapat diatasi dengan mudah.

Tidak ada salahnya memeriksakan diri secara rutin untuk mengetahui seluruh kondisi tubuh kita, baik dan buruknya. Kemudian dengan konsultasi dokter dapat mencegah penyakit sejak dini. Dokter bukanlah seorang yang menakutkan tetapi penyakitlah yang menakutkan. Penyakit yang tidak ditangani sejak dini akan menjadi kronis yang bisa menyebabkan komplikasi serius.

Miliki Buku Kesehatan

Sekarang banyak buku kesehatan yang bisa diperoleh dengan mudah. Bisa dari membeli di toko buku, meminjam di perpustakaan, mendownload dari internet, atau bahkan bisa mendapatkan secara gratis karena banyak produk-produk kesehatan yang menyertakan pula buku panduan kesehatan. Manfaatkan buku-buku tersebut. Kenali hal-hal umum yang berkaitan dengan kesehatan.

Dengan demikian, masing-maisng orang bisa menjaga kesehatannya dengan lebih baik. Cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit adalah menjaga diri pribadi dari sebab-sebab timbulnya penyakit tersebut. Untuk hal ini, salah satunya dapat diketahui melalui buku kesehatan.

Sehat Tanpa Uang

Sehat itu mahal, begitu menurut banyak orang. Boleh saja orang berpendapat begitu tetapi tidak berarti kita tak mampu menghindar dari ancaman penyakit bahkan dengan cara gratis.

Kumpul dengan Teman

Khawatir terkena serangan jantung di masa tua? Jika demikian, jangan menolak tawaran teman-teman untuk menghabiskan waktu bersama. Penelitian para ahli dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa lelaki berusia lanjut yang tetap aktif bergaul memiliki kondisi pembuluh darah yang lebih baik. Ini akan mengurangi resiko penyakit jantung dibandingkan dengan rekannya yang “kuper”.

Tarik Napas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Health Psychology menemukan bahwa orang dewasa muda yang punya rasa iri dan permusuhan memiliki fungsi paru lebih rendah. Hal itu terjadi jika campuran rasa iri, benci, serta permusuhan itu mengendap bertahun-tahun sehingga berdampak pada kesehatan. Untuk itu, mulailah belajar mengolah pernapasan. Tarik napas dalam, hitung sampai 10 kali, lalu lepaskan. Pasti akan merasa lebih rileks dan lepas!

Mandi Matahari

Para ilmuwan akhir-akhir ini semakin memusatkan perhatian pada vitamin D yang ternyata punya banyak efek pencegahan penyakit. Mereka yang punya kadar vitamin D kurang dalam tubuhnya lebih beresiko terkena penyakit kanker, demensia, serta penyakit jantung. Oleh karena itu, sisihkan waktu di pagi hari untuk berolahraga sambil berjemur di bawah matahari.

Bercinta

Seseorang tidak perlu bercinta terlalu sering untuk mendapatkan manfaat hubungan seksual terhadap kesehatan. Peneliti dari Universitas Wilkes menemukan bahwa melakukan hubungan seksual satu atau dua kali dalam seminggu akan meningkatkan kadar imunoglobulin A, antibodi yang melindungi tubuh dari berbagai infeksi termasuk melawan flu.

Tidur

Ini merupakan cara yang mudah dan menyenangkan untuk sehat. Cukup dengan tidur, kemampuan tubuh untuk melawan penyakit akan meningkat. Bukan hanya itu, tidur cukup akan menaikkan kadar leptin, hormon yang menekan nafsu makan. Dengan demikian, berat badan pun lebih terjaga.

Olahraga Aerobik

Anda termasuk orang yang sulit tidur? Lakukan olahraga jenis aerobik, seperti jogging, bersepeda, atau berenang. Penelitian menunjukkan, mereka yang rutin melakukan olahraga aerobik intensitas sedang memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang melakukan latihan beban.

Onani atau Masturbasi

Dalam Journal od the American Medical Association tahun 2004 disebutkan lelaki yang ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan memiliki resiko terkena kanker prostat 33% lebih rendah. Hal ini terjadi karena ejakulasi secara teratur mungkin akan mengeluarkan atau membuang zat-zat kimia penyebab kanker.

Tertawa

Cobalah untuk membeli atau membaca buku humor minimal sekali dalam seminggu. Atau bila memungkinkan, luangkanlah minimal 10 menit setiap harinya untuk tertawa lepas bersama sahabat Anda.

Menulis

Sebenarnya menulis pun bisa dijadikan sebagai terapi. Cobalah untuk memiliki buku harian, lalu tulislah apapun yang ingin Anda tulis. Ekspresikanlah semua perasaan, curahkanlah semua pikiran Anda. Cobalah rutin untuk menuliskan semua uneg-uneg Anda selama sebulan saja. Percayalah, hari-hari Anda pasti akan terasa lebih indah, dan hidup pun akan terasa lebih mudah.

Demikianlah cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan secara umum dan keseluruhan. Hal tersebut sangat bersifat umum dan tidak membahas secara per kasus.

Solusi Impotensi | Testimoni

This entry was posted in Impotensi. Bookmark the permalink.