Perbedaan Obat Inhaler HFA dengan Obat Inhaler Beberapa Tahun yang Lalu

Semua MDI mengandung obat asma aktif bersama dengan bahan iner yang disebut propelan. Obat yang sebenarnya dalam inhaker HFA anda saat ini identik dengan yang ditemukan dalam inhaler anda sebelumnya. Perbedaannya terletak pada bahan aktif, propelan, yang sebagaimana namanya menunjukkan, membantu mendorong obat asma keluar dari tabung. Penentu utama dari seberapa dalam dan efektif obat masuk ke saluran pernapasan, bagaimanapun tergantung kepada anda. Teknik inhalasi yang tepat bukan propelan, bertanggung jawab untuk mendapatkan obat itu di tempat yang paling efektif! Propelan adalah suatu zat yang disebut hidrofloroalkana, yang disingkat dengan HFA. Seperti catatan pada pertanyaan nomer 59, propelan yang digunakan pada sebagian besar MDI sampai saat ini adalah kloroflorokarbon (CFC), suatu zat yang telah ditemukan memainkan peranan penting dalam merusak pelindung lapisan ozon atmosfer. Ketika muncul obat hirup, HFA dianggap pilihan terbaik untuk menggantikan CFC. Formulasi ulang dari propelan yang digunakan pada MDI tidak mengurangi keefektifan obat hirup anda. Penelitian menunjukkan bahwa MDI albuterol dengan HFA yang dibandingkan dengan MDI CFC, menghasilkan profil efektivitas dan keamanan yang sama. Menariknya, dalam kasus inhalasi beklometason kotikosteroid, perubahan dari propelan CFC ke HFA menyebabkan peningkatan jumlah obat yang diantarkan lebih dalam masuk ke paru – paru, mencapai saluran udara terkecil, suatu fenomena yang meningkatkan pengantaran obat dan memerlukan pengurangan dosis ketika transisi dari beklometason CFC ke beklometason HFA.

Jika misalnya, anda menggunakan merek ventolin HFA dari albuterol yang diproduksi oleh GlaxoSmithKline, anda akan memperhatikan bahwa selain nama dagang Ventolinm labelnya juga berbunyi HFA. Obat asma aktif albuterol (beta 2 agonis cepat melegakan, kerja cepat) pada inhaler HFA yang lebih baru identik dengan albuterol pada inhaler CFC terdahulu, hanya propelan yang berbeda. Obat ini sama, membawa nama yang sama, sama bekerja secara efektif, dan memiliki manfaat tambahan termasuk suatu pengukur dosis. Pemberian label inhaler yang lebih baru, lebih akurat karena ia menentukan yang mana propelan iner (HFA) yang digunakan dalam MDI anda. Perubahan ke inhaler HFA, bagaimanapun, bermaksud agar anda mempelajari fakta inhaler baru.

Semua inhaler HFA memerlukan pancingan terlebih dahulu pada penggunaan pertama. Artinya anda harus melepaskan sejumlah isapan ke dalam udara sebelum anda kemudian menghirup dosis pertama anda dari MDI baru atau dari alat yang belum pernah anda gunakan untuk sedikit waktu. Pastikan untuk membiasakan diri dengan instruksi pabriknya (tersedia dari apoteker anda atau online) sehingga anda tahu jika inhaler anda membutuhkan tiga atau empat kali isapan pemancing. Proventil HFA, Ventolin HFA, dan Xopenex HFA memerlukan empat kali isapan untuk memancing inhaler, sedangkan ProAir membutuhkan tiga kali isapan. Inhaler HFA memerlukan isapan pancingan ulang jika tidak digunakan secara teratur. Beberapa inhaler mungkin memerlukan seperti pancingan ulang jika 2 hari atau lebih tidak digunakan, yakinlah, anda tahu hal itu seperti yang berlaku pada obat yang diresepkan untuk anda. Fakta lain adalah bahwa semua inhaler HFA memiliki masa pakai, harus dibuang setelah anda melepaskan sejumlah isapan yang terkandung dalam tabung atau setelah waktu tertentu sejak anda pertama kali membuka plastik luar pelndung dari perusahaan inhaler.

Jika MDI HFA anda memiliki penghitung dosis (seperti Ventolin HFA), anda akan tahu persis berapa banyak dosisi yang tinggal sebelum anda perlu mengulang resep anda. Jika inhaler anda tidak memiliki penghitung dosis, makan anda harus melacak beberapa banyak dosis anda yang telah habis sehingga anda dapat menghitung berapa banyak dosis yang tinggal dalam tabung. Perhatikan bahwa bronkodilator beta – 2 inhalasi, kerja cepat, cepat melegakan (SABA) tersebut, mengandung albuterol, ProAir, Proventil HFA, Ventolin HFA, atau Xopenex HFA, yang semuanya berisi 200 dosis per tabung. Semua MDI HFA dipengaruhi oleh kelembaban, sehingga dikemas dalam pembungkus dengan pelindung setelah diproduksi. Begitu pembungkus dibukam MDI menjadi terkena udara dan obat harus digunakan atau dibuang dalam waktu yang relatif cepat. Tiap obat berbeda, beberapa harus diganti segera setelah 60 hari dibuka, jadi pastikan anda mencari tahu apa yang berlaku pada obat – obatan yang diresepkan untuk anda. Jelas, tidak ada gunanya menghirup MDI jika tidak ada obat aktif tersedia yang menguntungkan anda!

Inhaler HFA memiliki semprotan yang lebih lembut, lebih lemah dan memerlukan generasi inhalasi yang lebih lambat dibandingkan dengan yang inhaler CFC terdahulu, anda tidak akan “merasakan” semprotan HFA dengan cara yang sama anda lakukan ketikta menggunakan inhaler CFC. Inhaler HFA juga menghasilkan semprotan yang lebih hangat dibandingkan dengan CFC inhaler terdahulu, dan anda mungkin merasakan adanya cita rasa yang berbeda. Karena HFA lebih lengket daripada CFC inhaler terdahulu, dan anda mungkin merasakan adanya cita rasa yang berbeda. Karena HFA lebih lengket daripada CFC, corong mulut memerlukan bilasan setiap minggu untuk mecegah penymbatan lubang inhaler. Persatuan dokter paru america menyarankan bahwa corong mulut harus dibersihkan sekali seminggu dengan mengalirkan air hangat melalui bagian atas dan bawah selama 30 detik dan kemudian kocok keras untuk membuang kelebihan air. Ini haris diikuti dengan pengeringan udara semalam. Sebagai inhaler berbasis CFC, tabung logam tidak boleh terendam dalam air atau basah.

Inhaler HFA generik tidak akan tersedia sampai perlindungan paten saat ini berakhir. Inhaler HFA dijual di amerika serikat lebih mahal dibandingkan pendahulu mereka CFC generik. GlaxoSmithKline, pabrik dari ventolin HFA yang berisi 200 isapan (dosis) per tabung (kanister) membuat inhaler HFA yang berisi 60 isapan dosis yang disebut ReliOn Ventolin HFA. Inhaler ReliOn HFA didistribusikan secara eksklusif melalui toko walmart. Satu tabung dengan 60 dosis biasanya lebih murah dari 200 dosis standar MDI albuterol, jadi ReliOn Ventolin mungkin menjadi pilihan jika anda jarang menggunakan albuterol. Secara umum, jika anda mengalami kesulitan untuk membayar resep anda, anda harus membiarkan dokter anda memberiktahukan keadaan anda.

Protokol Montreal Tahun 1987 Relevan untuk Asma |

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.