Persyaratan Olahraga Khusus bagi Wanita Menopause

Jika ingin memulai olahraga, sebaiknya Anda memilih yang Anda sukai dan yang masih dapat Anda lakukan. Mungkin jalan kaki keliling kompleks perumahan bersama teman-teman se-RT atau bersepeda di daerah pinggiran yang lalu lintasnya masih ‘sepi’ bersama suami dan anak-anak, akan menyenangkan. Meskipun demikian, sebaiknya Anda mengetahui beberapa petunjuk ahli, sebagai berikut:

* Jika Anda memilih suatu program olahraga, lakukan dengan hati-hati, perlahan-lahan. Tambahkan intensitas secara bertahap sesuai dengan tingkat kebugaran. Jika Anda memulainya dengan gegabah, Anda bisa cedera. Karena itu, penting ikut klub yang ada instrukturnya.

* Pilih olahraga yang aman misalnya jalan kaki, berenang, bersepeda. Kalau ragu, tanyakan kepada dokter ahli olahraga.

* Pilih sepatu yang tepat, terutama jika Anda pasien diabetes. Ada sepatu khusus untuk jogging, senam, jalan kaki, dan sebagainya.

* Lakukan olahraga dengan teratur, minimal tiga kali dalam seminggu.

Anda tidak mau berbaring lantas tertidur. Tetapi sebaiknya Anda berbaring di lantai dan lakukan relaksasi dengan teknik pernapasan Hara. Anda bisa mencobanya :

* Berbaring di lantai, pejamkan mata. Lalu perintahkan kepada tubuh Anda untuk rileks mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Apa yang Anda rasakan? Anda seolah ‘terbenam di lantai’?

* Kemudian taruh tangan kiri Anda kira-kira 10 cm di bawah pusar dan tangan kanan sekitar 10 cm di atas pusar. Apa yang Anda rasakan? Seolah-olah ada lingkaran magnetik mengelilingi pusar? Menurut teori pengobatan China, pusar adalah vital center tubuh manusia, yang disebut Hara. Dan pusar merupakan pintu gerbang semua kebahagiaan sehingga dengan melakukan itu, Anda akan merasa rileks.

* Kini, lakukan pernapasan melalui hidung, penuhi perut Anda (bukan cuma paru-paru) dengan udara. Ini memang perlu latihan, tetapi tidak sesulit yang Anda duga. Bayangkan saja udara masuk ke perut. Caranya, konsentrasikan pikiran Anda ke perut dan bernapaslah perlahan dan wajar. Begitu terasa perut sudah penuh udara, bulatkan bibir Anda dan hembuskan napas perlahan sampai perut mengempis datar.

* Teknik pernapasan Hara ini dapat Anda lakukan setiap saat, kapan saja Anda membutuhkannya. Relaksasi cara Hara breathing technique menghasilkan relaksasi sempurna, Anda bisa lantas mengantuk atau malah segar bugar dan timbul hasrat untuk bekerja, bergantung keinginan Anda. Tentunya pada awal latihan, Anda sudah melakukan afirmasi, apa yang Anda harapkan setelah usai melakukan teknik pernapasan Hara : tidur pulas atau kondisi segar bugar.

* Setelah melakukan relaksasi ala Hara, Anda akan merasakan meningkatnya aliran energi yang bernilai penyembuhan (therapeutic value).

* Teknik pernapasan Hara juga mampu meredakan stres, depresi, kegelisahan, dan semacamnya. Kondisi rileks tersebut akan segera terasa di seluruh tubuh begitu energi dikonsentrasikan di sekitar pusar. Dan terjadilah harmoni pada body, soul, and spirit. Terjadi keseimbangan antara vibrasi fisik dan spiritual. Dengan demikian, pikiran menjadi tenang dan jernih. Organ-organ tubuh berfungsi dengan baik.

Manfaat dan Jenis Olahraga bagi Wanita Menopause | Life Begin at 50 : A New Life

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.