Pola Makan untuk Meredakan Gejala Menopause

Ada sejenis estrogen alami yang selama ini diteliti oleh para ahli, yaitu phytoestrogen (hormon estrogen alami yang terdapat dalam tanaman). Meski tidak sama dengan estrogen yang terdapat dalam tubuh wanita, namun fitoestrogen mempunyai efek yang mirip. Fitoestrogen dapat ditemukan dalam hampir 300-an jenis tanaman yang sebagian besar kita santap sehari-hari seperti berbagai macam buah-buahan, sayuran, kentang, kedelai, teh, kopi, biji-bijian, oats, buah zaitun, dan banyak lagi. Kedelai dan biji rami sangat kaya dengan fitoestrogen.

Fitoestrogen menurut para ahli digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu isoflavon (genistein, daidzen, equol, dan coumestrol) dan lignan (matairesinol, enterolactone, dan enterodiol). Aktivitas estrogenik (efek serupa estrogen) pada fitoestrogen lebih rendah daripada estrogen asli manusia. Namun fitoestrogen juga bersifat antioksidan sehingga memiliki kemampuan mencegah keruskaan akibat radikal bebas pada sel-sel tubuh yang menjadi penyebab utama penuaan dini. Sifat antioksidan itu juga menyebabkan fitoestrogen mampu mencegah pertumbuhan sel abnormal (yang bakal menjadi sel kanker).

Fitoestrogen juga terdapat dalam berbagai obat-obat herbal dan dimanfaatkan untuk meredakan gejala-gejala menopause seperti gejolak panas. Tetapi seperti obat-obat herbal lainnya, fitoestrogen yang terkandung di dalamnya juga mampu meredakan gejala kelebihan estrogen seperti pada gejala PMS (premenstrual syndrome). Artinya kadar estrogen rendah maupun tinggi dapat diredam oleh fitoestrogen menjadi normal. Contoh: dong quai.

Fitoestrogen juga telah diketahui tidak merangsang pertumbuhan jaringan yang peka terjdapap estrogen seperti jaringan di dalam payudara dan rahim karena telah terbukti dapat mencegah tumor payudara. Obat-obat herbal untuk menopause memang tak pernah terbukti menyebabkan kanker, bahkan banyak yang diketahui justru mengandung zat antikanker. Karena itu ibat-obatan herbal untuk menopause merupakan pilihan yang baik bagi wanita yang khawatir kena kanker payudara (jika menggunakan TSH, terapi sulih hormon).

Konsekuensi Menopause Dini | Menu Pola Makan untuk Wanita Menopause

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.