Sampel Gas Darah Arteri (ABG)

Ketika seorang dokter memerlukan informasi bagaimana efisiensinya paru-paru pasien bekerja, gas darah arteri (ABG) dapat menyediakan jawabannya. ABG adalah tes darah. Pelaksanaan tes darah rutin membutuhkan pengambilan darah dari vena, sering dari area dekat lipatan siku. Untuk tes ABG, bagaimanapun, darah diambil dari arteri bukan vena, dan segera dianalisis untuk kadar oksigen (O2), karbon dioksida (CO2), dan pH, pH merupakan kadar keasaman. Arteri radialis di pergelangan tangan sering menjadi tempat untuk mengambil sampel ABG. ABG memberikan informasi tentang kadar oksigen darah arteri dan karbon dioksida, serta keasaman darah. Karena paru-paru bertanggung jawab untuk ekstraksi oksigen dari udara luar maupun utnuk membuang karbon dioksida, analisis dari sampel arteri untuk gas tersebut menunjukkan seberapa baik fungsi paru.

Fungsi utama sistem pernapasan adalah untuk melakukan respirasi (pertukaran O2 untuk CO2). Respirasi menyediakan organ vital tubuh dengan oksigen dan memungkinkan untuk membuang produk sampah yang terakumulasi, terutama asam. Setelah suplai darah melewati paru-paru dan mengambil oksigen, menjadi kaya oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) buruk. Darah kaya oksigen kemudian dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh melalui arteri untuk menyuplai organ dengan oksigen yang diperlukan.

Meskipun ABG bukan tes rutin dalam manajemen rawat jalan asma, sering digunakan dalam perawatan intensif. Jika seseorang menderita eksaserbasi asma parah, ABG akan mengungkapkan penurunan oksigen dan karbon dioksida. Jika asma memburuk lebih lanjut, karbon dioksida akan naik, dan pH akan turun, hal ini mengindikasikan adanya penumpukan asam yang berbahaya. Skenario seperti ini dapat mengindikasikan keadaan asma yang mengancam jiwa. Jika demikian halnya, kegagalan pernapasan akan terjadi sebagai akibat dari berlanjutnya akumulasi karbon dioksida dan kekurangan oksigen; pengobatan meliputi bantuan hidup dengan ventilator. Pasien dengan bantuan ventilator mungkin memerlukan pemantauan ABG yang sering untuk membantu dokter dalam memilih setting ventilator yang optimal dan untuk memastikan pengiriman oksigen yang adekuat ke organ vital.

Arterial
Berhubungan dengan satu atau lebih arteri. Sirkulasi arterial tubuh meninggalkan jantung melalui arteri utama yang dinamakan aorta.

ABG
Akronim dari gas darah arteri. Arteri tubuh membawa darah yang kaya oksigen (kaya O2) dan karbon dioksida buruk (CO2) ke organ dan jaringan kita. ABG menilai berapa banyak O2 dan CO2 yang berada pada sistem arterial yang mencerminkan efisiensi dan fungsi sistem pernapasan.

Respirasi
Tindakan menarik napas (inspirasi) dan mengeluarkannya (ekspirasi). Juga mengacu pada proses di mana terjadi pertukaran gas paru, lebih spesifiknya, pertukaran oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) pada level alveolus dan membran alveolar kapiler.

Kegagalan Pernapasan
Keadaan atau penyakit di mana paru menjadi tidak mampu mengadakan respirasi. Paru-paru menjadi tidak mampu menyediakan tubuh dengan oksigen yang dibutuhkan dan tidak dapat membersihkan tubuh dari akumulasi karbon dioksida dan produk sisa metabolisme.

Ventilator
Sebuah mesin yang menyediakan bantuan pernapasan sampai ke gagal paru. Mesin respirator dapat menyediakan oksigen untuk pasien yang kritis. Mesin ini juga dapat digunakan untuk bantuan pernapasan di luar rumah sakit. Mesin respirator atau respirator, serupa, dan istilah yang saling dipertukarkan.

Tes Tantangan Metakolin (Bronkoprovokasi) | Definisi Bronkoskopi

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.