Tanda Serangan Jantung

Tanda-tanda serangan jantung pada wanita berbeda dengan pria. Selama ini, selama bertahun-tahun penelitian tentang penyakit jantung dan penanganannya dilakukan pada pria, padahal sistem kardiovaskuler wanita berbeda dengan sistem kardiovaskuler pria. Karena itu, gejala penyakit jantung pun berbeda pada pria dan wanita. Gejala penyakit jantung atau bahkan serangan jantung pada wanita sangatlah kabur, seakan tidak terkait dengan organ jantung. Gejalanya pada wanita kadang mengejutkan atau bahkan tersamarkan dengan masalah pada tiroid. Pria yang mengalami serangan jantung biasanya mengeluh merasa sakit di dada di bawah tulang dada yang kemudian menyebar hingga ke rahang dan lengan kiri. Sedangkan wanita yang mengalami serangan jantung malah mengalami kesulitan yang parah di rahang disertai gangguan pencernaan. Jadi, mungkin saja wanita meninggal disebabkan serangan jantung “diam-diam” karena sering kali gangguan jantung yang serius pada wanita tidak terdiagnosis dan tidak tertangani dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa kematian akibat serangan jantung di rumah sakit (di Amerika) pada wanita dua kali lipat dibanding pria. Karena itu, jika Anda sudah menopause, pelajari dengan cermat gejala-gejala berikut ini dan waspadai kondisi jantung Anda.

* Napas pendek atau sering letih
* Sakit pada rahang yang sering tersamarkan dengan radang gusi.
* Sakit di belakang leher yang sering tersamarkan dengan radang sendi.
* Sakit di sepanjang lengan kanan atau kiri.
* Sakit punggung yang serung tersamarkan dengan arthritis dan sakit persendian.
* Berkeringat berlebihan. Ini juga merupakan gejala klasik kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Selain itu jika Anda penderita diabetes, periksa juga kadar gula darah, mungkin terlalu rendah.
* Pingsan.
* Jantung berdebar-debar. Ini juga sama dengan gejala kelenjar tiroid yang terlalu aktif.
* Kembung. Awas! Jika Anda sudah menopause, ini bisa jadi merupakan gejala penyumbatan pembuluh darah koroner.
* Dada terasa panas, sering bersendawa, atau sakit pada organ pencernaan. Pada wanita, ini merupakan tanda serangan jantung yang sesungguhnya.
* Rasa “berat” pada bagian dada di antara payudara. Ini gejala khas pada wanita yang kena angina (sakit dada). Kadang rasa nyerinya seperti ditusuk-tusuk atau diremas-remas, atau seolah jantung melompat ke tenggorokan.
* Kadar gula darah yang tidak menentu, naik turun.
* Muntah.
* Bingung mendadak.

Umumnya dokter hanya melihat gejala penyakit jantung pada pria sehingga gejala-gejala (tersebut di atas) yang khas merupakan gejala penyakit jantung pada wanita, terabaikan. Namun ada tes diagnosis untuk memastikan penyakit jantung pada wanita, yaitu pemeriksaan manual (dengan stetoskop), elektrokardiogram, gerak tubuh untuk menguji stres, echokardiogram, dan sejumlah tes pencitraan menggunakan senyawa radioaktif untuk mengambil gambar jantung.

Menjaga Kesehatan Jantung | Ramuan Herba untuk Jantung

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.