Tekanan Darah Tinggi Setelah Menopause

Tekanan darah tinggi umum dialami oleh wanita-wanita di usia menopause. Di Amerika sekitar 20% wanita usia antara 43 – 64 tahun menderita tekanan darah tinggi ringan. Umumnya para ahli mematok angka 130/85 atau kurang untuk tekanan darah normal. Namun beberapa ahli memberikan patokan 140/90. Darah tinggi merupakan kondisi yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner 3,5 kali.

Tekanan darah dapat diturunkan secara signifikan oleh perubahan gaya hidup. Lakukan olahraga teratur dan terukur. Bagi lansia cukup 3 kali seminggu jalan cepat @ 30 menit – 1 jam sesuai usia dan kondisi kesehatan. Selain itu lakukan perbaikan pola makan: lebih banyak menyantap sayuran dan buah-buahan segar, karbohidrat kompleks, lemak sehat. Minum juga suplemen vitamin dan mineral sesuai nasihat dokter. Turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Dan hindari rokok dan minuman keras.

Bagaimana jika perbaikan pola makan dan olahraga gagal? Anda boleh minum obta-obatan untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada beberapa herba yang bisa Anda minum. Berikut ini beberapa herba yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

* Hawthorn
* Motherwort
* Akar randa tapak
* Bawang putih mentah
* Ginseng
* Rumput laut
* Makanan yang kaya potasium

Ramuan Herba untuk Jantung | Kadar Kolesterol Tinggi

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.