Tungau Debu

Tungau debu merupakan alergen indoor umum sepanjang tahun, alergi terhadap tungau debu dikaitkan dengan rinitis alergi dan asma pada anak-anak, serta pada orang dewasa. Jika Anda atau anak Anda didiagnosis dengan alergi terhadap tungau debu, dokter Anda mungkin akan memberitahu Anda langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi eksposur Anda terhadap tungau debu. Tungau debu adalah golongan araknida berkaki delapan yang berhubungan dengan keluarga laba-laba. Lapisan kulit dan kotoran mereka merupakan dua unsur pokok dari tungau debu yang banyak menimbulkan alergi. Alergen tungau debu terkonsentrasi pada kotoran tungau. Tungau debu tinggal di dalam ruangan (indoor) dan terdapat hampir di semua rumah di daerah di mana kelembaban relatif 50% atau lebih hampir sepanjang tahun. Debu tungau berukuran mikro. Anda tidak dapat melihat mereka tanpa mikroskop pembesar. Mereka begitu kecil sehingga lima puluh sampai tujuh puluh tungau debu akan muat di kepala peniti. Mereka berkembang dalam lingkungan hangat, gelap, lembab, dan hidup dari bintik-bintik kulit manusia. Mereka tidak minum air bebas tetapi menyerap uang air dari lingkungan sekitarnya. Mereka dapat ditemukan di tempat tidur, di mebel berlapis kain, di karpet, dan kerai. Kehadiran mereka di rumah Anda sama sekali tidak berarti rumah Anda buruk tingkat kebersihannya.

Debu tungau tidak dapat bertahan hidup di daratan tinggi atau di lingkungan yang kering. Lingkungan indoor yang lebih kering dengan kelembaban relatif kurang dari 40% dan tempat tinggal yang berada di ketinggian menghambat pertumbuhan tungau debu. Mungkinkah itu sebabnya, beberapa penderita asma generasi yang lalu, mendapat pengobatan termasuk resep untuk relokasi ke gurun pasir atau ke pegunungan telah mengurangi gejala mereka? Apakah relokasi ini tidak lebih dari pindah ke daerah bebas dari alergen debu tungau?

Alas tempat tidur, sofa dan mebel berlapis kain, serta karpet merupakan tempat tungau debu berkembang. Cara untuk mengurangi beban tungau debu rumah Anda, yaitu termasuk menangani peningkatan tingkat kelembaban jika ada dan tidak menggunakan karpet dan kain gorden yang berat. Pertimbangkan menggunakan gorden yang mudah dicuci atau kerai. Hindari mebel berlapis kain berbulu dengan kain tenunan yang halus. Alternatif selain tidak menggunakan karpet yaitu sedot debu karpet setiap hari dengan penyedot debu kualitas tinggi, mungkin satu dilengkapi dengan filter partikulat udara efisiensi tinggi (HEPA). Uap panas bersih atau sampo karpet setidaknya setahun sekali. Konsentrasi tertinggi tungau debu di rumah biasanya ditemukan di kamar tidur, yang demikian menuntut perhatian khusus jika Anda atau anak Anda alergi terhadap tungau debu. Kita tidur selama berjam-jam setiap malam, kepala pada satu atau dua bantal, mengenakan sprei, selimut dan conforter (alas dari kapas untuk tempat tidur). Karena tempat tidur adalah lokasi favorit tungau debu, kita saat tidur berkontak dekat dengan antigen tungau debu, menghirup bahan alergi sepanjang malam. Kabar baiknya adalah bahwa ada langkah-langkah sederhana dan efektif yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan replikasi tungau debu sekaligus mengurangi jumlah alergen yang datang berkontak dengan Anda, terutama saat tidur.

Rekomendasi untuk mengurangi pajanan terhadap tungau debu jika Anda atau anak Anda alergi terhadap mereka dimulai dengan pembelian pembungkus untuk bantal, matras, alat dari kapas untuk tempat tidur, dan box springs khusus anti tungau debu. Pembungkus anti alergen tersedia pada pengecer yang mengkhususkan diri dalam produk alergi. Jika dokter Anda menyarankan Anda untuk membungkus tempat tidur Anda, pastikan pembungkus yang Anda beli berfungsi untuk melindungi dari tungau debu. Sebagian besar pembungkus berkualitas tinggi dan nyaman dipakai, Anda bahkan tidak merasakan kalau Anda tidur dengannya. Pembungkus ini biasanya perlu dicuci sekali setahun dan memiliki garansi hingga 20 tahun penggunaan. Begitu Anda telah membungkus matras, box spring, bantal, dan comforter, Anda dapat lebih lanjut mengurangi pajanan terhadap alergen tungau debu dengan mengetahui kenyataan bahwa tungau debu mempunyai siklus hidup 2 minggu dan tidak dapat bertahan pada suhu yang tinggi. Cukup mencuci sprai, bantalan matras, dan selimut seminggu sekali dalam air panas dengan suhu setidaknya 55 derajat C. Semakin panas, semakin baik! Jika air tidak mencapai paling tidak 55 derajat C, tungau debu hanya mandi saja (tidak mati). Debu tungau juga berkembang di karpet dan di mebel yang dilapisi kain. Jika memungkinkan, kamar tidur harus memiliki lantai kayu atau ubin dan kerai daripada gorden. Karpet kapas yang bisa dicuci dapat digunakan di kamar tidur untuk meminimalkan antigen tungau debu, asalkan Anda mencuci karpetnya. Boneka binatang atau boneka berbulu potensial sebagai pengumpul tungau debu, dan karena itu idealnya harus disimpan dalam lemari mainan tertutup di sebuah ruangan selain kamar tidur. Boneka binatang berbulu merupakan sumber pokok penyebab alergi tungau debu, dan banyak anak senang mengkoleksinya dan tidur bersama mereka. Dorong anak Anda untuk menyimpan koleksinya di lokasi selain kamar tidur dan mempertimbangkan untuk memilih satu boneka berbulu, khusus tidur dengannya. Lalu, jika mungkin, cuci boneka favorit di mesin cuci Anda dalam air yang lebih panas dari 55 derajat C setidaknya setiap 2 minggi (yang terbaik setiap minggu) agar merusak siklus reproduksi tungau. Sayangnya, tidak semua boneka hewan yang berbulu dapat dicuci dalam mesin dicuci. Jangan berputus asa! Rencana B menempatkan mainan berbulu dalam kantong plastik yang bersegel, seperti kantong plastik Ziploc, menyegelnya, dan menempatkan kantong di bagian pembeku lemari es Anda selama 12 – 24 jam seminggu sekali.

Haruskah seseorang dengan laergi tungau debu berinvestasi pada alat pembersih udara? Untuk lebih yakin, tanyakan pada dokter Anda atau ahli alergi sebelum membelinya. Diantara pilihan yang saat ini tersedia, hanya beberapa yang telah diteliti dalam literatur kedokteran (berlawanan dengan industri). Mesin yang dirancang untuk menyaring udara pada suatu ruang tertutup melalui sesuatu yang halus. Filter HEPA, jika digunakan dengan tepat, sangat efisien dalam menangkap partikel dengan ukurang yang ditentukan (biasanya sekecil 0,3 mikron). Filter HEPA akan mengurangi konsentrasi partikel kecil mikroskopik udara, termasuk sebagian besar aeroalergen, seperti polen dan tungau debu. Mesin filter HEPA harus dipilih berdasarkan ukuran panjang bujur sangkar dari ruang tertutup yang berfungsi sebagai filter. Mesin ini biasanya berisi baik karbon pra filter dan filter HEPA. Pra filter seharusnya diganti setiap 3 – 6 bulan, dan filter HEPA seharusnya diganti setiap tahun. Harga filter HEPA mahal tetapi efektif. Unit filter HEPA tidak membutuhkan banyak perawatan, selain dari perubahan filter, mereka dirancang untuk digunakan 24 jam sehari. Mesin ini memiliki kelemahan, dapat menjadi berisik, dan cenderung mengeringkan udara. Cara yang benar untuk menjalankan unit HEPA adalah tutup jendela dan pintu ruangan dan atur unit kipas angin yang tinggi saat Anda tidak di rumah. Bila Anda berada di ruangan di malam hari, atur unit kipas pada tingkat tertinggi bising yang dapat Anda toleransi.

Perjalanan Udara dan Scuba Diving Bagi Penderita AsmaAsma Bukan Penyakit Psikologis

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.