Waspadai Serangan Jantung Mendadak

Serangan jantung mendadak bisa terjadi pada siapa saja, baik yang berusia muda mulai dari yang berumur 20 tahun sampai kaum manula yang berusia di atas 70 tahun. Serangan jantung mendadak seperti kita ketahui bisa terjadi akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi robek atau pecah yang berdampak pada kematian jantung. Hal ini tentu saja sering terjadi pada orang yang kurang olahraga, kurang gerak, kegemukan atau yang mengalami stres. Lalu bagaimana jika serangan jantung mendadak tiba-tiba terjadi pada artis film yang gemar olahraga, atau olahragawan yang sehari-harinya banyak gerak dan berolahraga.

Meninggal sehabis berolahraga, bagaimana ini bisa terjadi? Kondisi yang bisa menerangkan ini adalah Sindroma Metabolik, kondisi dimana pembuluh darah on fire, karena gangguan pada selaput dalam pembuluh darah yang disebut dengan endotel mengalami disfungsi, mengakibatkan pembuluh koroner jantung mudah menarik trombosit sehingga gumpalan bekuan darah trombosit menyumbat koroner, tentu saja jantung serasa tercekik karena kekurangan pasokan darah dan oksigen. Metabolik Sindroma ini ditandai dengan lingkaran perut yang biasanya agak gendut (pria >= 90 cm, wanita >= 80 cm), tekanan darah yang hampir normal >= 135/80 mmHg, kolesterol yang normal hanya mungkin kolesterol baik HDL agak rendah, lemak yang berasal dari karbohidrat (Trigliserida) agak tinggi >= 150 mg/dl, gula darah puasa sudah mulai agak naik >= 100 mg/dl. Beberapa kondisi ini (>= 3 faktor / dari 5 faktor).

Ternyata kondisi Sindrom Metabolik ini mengakibatkan penimbunan lemak di organ-organ dalam perut (Visceral adipose), sering pula kondisi ini dikaitkan dengan perlemakan hati istilah kerennya NASH (Non Alcoholic Steato Hepatitis), dimana kondisi ini mengakibatkan Disfungsi Endotel pembuluh koroner jantung yang membuatnya gampang menyumbat (on fire), tetapi ini hanya bisa dideteksi melalui pemeriksaan USG hati (Perut) serta pemeriksaan radiologi lain MRI. Jadi secara penampilan tubuh dari luar. Sindroma Metabolik ini bisa mengecoh penderitanya serta orang-orang di sekelilingnya seperti contoh kasus di atas.

Cara Tes Jantung Sehat

This entry was posted in Penyakit Jantung. Bookmark the permalink.