Akupunktur dan Produk Herbal

Akupunktur adalah bentuk pengobatan tradisional yang berasal dari Asia dan sekarang dipraktikkan di seluruh dunia untuk sejumlah besar penyakit fisik. Akupunktur merupakan tindakan menyelisipkan jarum halus ke dalam kulit pada titik spesifik untuk mengobati penyakit atau meredakan nyeri. Di Amerika Serikat, kira-kira 2 juta orang, atau mendekati 1% populasi, memakai pengobatan akupunktur setiap tahun, dan 4% populasi di Amerika Serikat memakai akupunktur beberapa kali dalam hidupnya. Ada lebih dari 100 penelitian klinis yang meneliti apakah pengobatan akupunktur dapat membantu dalam menurunkan gejala rinitis alergi. Hasil analisis semua data yang berkaitan disimpulkan bahwa untuk rinitis alergi musiman, akupunktur tidak bermanfaat. Namun, untuk gejala alergi kronis pada hidung yang sudah bertahun-tahun, ada perbaikan menyeluruh gejala-gejala hidung alergi, dan dalam beberapa penelitian efek akupunktur lebih kuat daripada obat-obatan. Tidak ada penelitian yang dibuat khusus untuk menentukan apakah akpunktur menimbulkan penyembuhan jangka panjang pada hidung alergi.

Keamanan akupunktur telah diselidiki dengan seksama, dan secara umum angka kejadian efek samping sangat rendah. Pada bayi, akupunktur harus dihindari pada daerah puncak kepala sampai fontanel (daerah terbuka di tulang tenggorok) menutup. Penelitian menunjukkan risiko efek samping pada anak sekitar 1 – 2 % dan reaksi serius adalah jarang (1 pada 10.000 anak).

Pada sejumlah kecil pasien, pengobatan alergi konvensional (pengobatan dan/atau suntikan alergi) tidak memadai untuk meredakan gejala. Pada pasien yang ingin mencoba akupunktur, saya tidak dapat mencegahnya, dengan catatan mereka perlu berkunjung secara teratur ke ahli akupunktur untuk periode waktu yang lama tanpa ada bukti akan tercapainya kesembuhan yang menetap.

Pengobatan herbal (tanaman obat) mempunyai catatan panjang penggunaannya yang banyak di seluruh dunia untuk berbagai penyakit dan menjadi semakin populer di Amerika Serikat selama 2 dekade terakhir. Pasien sering tertarik pada fakta bahwa produk ini ditemukan di alam dan obat herbal telah digunakan oleh peradaban asli di seluruh dunia untuk periode waktu yang sangat lama. Ada juga konsep umum bahwa karena obat herbal “alami”, maka lebih aman. Tetapi yang penting untuk diingat bahwa kandungan zat herbal dapat juga menyebabkan efek samping yang signifikan.

Jumlah herbal yang telah digunakan untuk mengobati gejala rinitis alergi. Produk tanaman yang telah diuji dalam uji klinis dan memperlihatkan perbaikan dalam gejala rinitis alergi yaitu akar butterbur, stinging nettle, dan ekstrak biji tomat. Kelompok tanaman besar lainnya yang menghasilkan zat obat, yaitu citrus unshiu, tanaman Lycopus lucidus, tanaman Amomum xanthiodes, obat herbal China (bu zhong yi qi tang), dan spirulina algae, telah memperlihatkan efek antialergi yang bermanfaat dalam percobaan laboratorium tetapi belum diuji pada pasien rinitis alergi. Ekstrak biji anggur tidak memperlihatkan efek signifikan untuk rinitis alergi.

Suntikan Alergi | Alergi Hidung pada Anak

This entry was posted in Alergi. Bookmark the permalink.