Akupunktur Membantu Pengobatan Migrain

Akupunktur adalah bagian dari pengobatan tradisonal Cina (traditional Chinese medicine) dan dikembangkan dengan baik sekitar dua ribu tahun yang lalu. Ini merupakan salah satu terapi komplementer dan alternatif yang paling banyak dipelajari dan diteliti. Sebagai salah satu dari terapi alternatif yang paling banyak memiliki dokumentasi, akupunktur telah diterima secara luas oleh dunia medis konvensional sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi penyakit. Pengobatan akupunktur untuk migrain telah mendapatkan perhatian riset klinis dalam beberapa tahun terakhir dan diaplikasikan dengan luas sebagai pengobatan untuk sakit kepala dan migrain.

Akupunktur berdasarkan pada keyakinan bahwa kesehatan optimal dapat dicapai dengan mempertahankan keseimbangan dan aliran dari chi atau qi (dilafalkan sebagai “chee”), kekuatan kehidupan vital atau energi. Energi ini diyakini masuk ke dalam tubuh melalui meridian, jalur yang berhubungan dengan organ tertentu. Jika aliran chi menjadi tidak seimbang akibat kelebihan atau kekurangan, akan timbul rasa sakit dan gangguan tubuh lainnya. Akupunktur akan memperbaiki ketidakseimbangan ini dengan memasukkan jarum tipis yang steril pada titik yang sesuai seiring dengan jalur meridian untuk menghilangkan sumbatan dan mengembalikan aliran energi dan keseimbangan yang seharusnya. Jarum seringkali dibiarkan sekitar 30 menit dan menyebabkan sedikit ketidaknyamanan atau tidak ada sama sekali. Penjelasan ilmuwan yang mungkin terhadap efektivitas dari perawatan jarum ini terkait dengan stimulasi dan pelesapan nuerotransmitter yang dikenal sebagai endorfin, enkefalin dan serotonin. Endorfin dan enkefalin termsuk opiod peptide, yaitu zat kimia alami dari tubuh sebagai penghilang rasa sakit. Sebagai tambahan terhadap pereda nyeri, ada bukti kuat bahwa penggunaan akupunktur dalam perawatan mual, sehingga sangat berguna untuk mual yang berhubungan dengan migrain.

Bukti ilmiah terhadap efektivitas akupunktur sebagai pengobatan migrain sangat menjanjikan, dan penelitian juga mendukung peran akupunktur terhadap pencegahan migrain. Akupunktur tampaknya sangat berhasil dalam mengurangi frekuensi serangan migrain. Akupunktur, jika dipraktikkan oleh ahli yang memenuhi kualifikasi, umumnya merupakan pengobatan yang aman dan efek samping sangat jarang terjadi.

Aturan dari setiap daerah sangat beragam mengenai persyaratan praktik akupunktur. Namun demikian, sebagian besar mensyaratkan praktisi untuk memiliki izin atau sertifikasi dalam akupunktur. Sebagai tambahan, banyak yang memiliki gelar MD atau DO (Dokter di bidang osteopathy) kini menerima sertifikasi dan/atau izin untuk akupunktur.

Saat bagi Anda untuk Berpikir Menggunakan Pengobatan Komplementer dan Alternatif | Teknik Relaksasi Membantu Pengobatan Migrain

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.