Alergi Hidung pada Anak

Jika anak Anda mengalami gejala hidung alergi musiman, dokter Anda akan meresepkan obat seperti antihistamin oral atau steroid intranasal untuk mengatasi gejalanya. Jika obat ini efektif, dan tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, obat dapat digunakan dengan aman untuk alergi musiman selama beberapa tahun. Karena gejala hidung alergi musiman hampir selalu berkaitan dengan tepung sari atau jamur di luar ruangan, maka tidak diperlukan tes alergi kecuali anak Anda tidak menunjukkan respons terhadap obat atau mengalami efek samping. Pada keadaan ini, jika anak Anda berusia 5 tahun atau lebih, maka ia harus dirujuk ke ahli alergi untuk uji alergi untuk mengetahui dengan tepat alergen musiman mana yang menyebabkan gejala sebagai persiapan untuk imunoterapi alergi. Uji alergi terhadap makanan juga harus dilakukan jika anak juga mengalami gejala secara langsung berhubungan dengan makan.

Jika anak Anda mengalami gejala hidung sepanjang tahun khususnya untuk anak berusia lebih dari 2 tahun, uji alergi harus dilakukan untuk memastikan diagnosis rinitis alergi dan menentukan apakah ada alergen yang harus dihindari. Riwayat lingkungan pasien akan memandu pengujian; misalnya dokter akan memastikan apakah ada binatang peliharaan di rumah. Alergen yang paling sering adalah tungau debu rumah, serpih kulit mati binatang, kecoa, dan jamur di dalam dan di luar ruangan. Uji awal tidak perlu ekstensif dan dapat dilakukan sebagai uji alergi kulit atau darah. Beberapa dokter lini pertama merasa cukup melakukan uji darah skrining alergi dan disiapkan untuk membuat rekomendasi penghindaran alergen berdasarkan hasil uji ini. Jika dokter lini pertama cenderung tidak melakukan uji darah yang sesuai atau menyarankan program pengendalian lingkungan, maka pada titik ini anak Anda dapat dirujuk ke ahli alergi.

Situasi lain yang membuat anak Anda harus dirujuk ke ahli alergi adalah timbulnya penyakit lain yang berkaitan, terutama asma bronkial, sinusitis kronis atau berulang atau penyakit telinga tengah yang menetap yang berhubungan dengan rinitis. Selain itu yang menjadi keprihatinan lain adalah timbulnya kelainan mulut yang disebabkan pernapasan mulut kronis.

Akupunktur dan Produk Herbal | Alergi Hidung pada Wanita Hamil dan Menyusui

This entry was posted in Alergi. Bookmark the permalink.