Andropause

Andropause Dialami Pria

Menopause pada pria disebut andropause yang di Barat dikenal sebagai mid-life crisis. Seperti pada wanita yang mengalami menopause, pria juga merasakan adanya perubahan-perubahan fisik, mental, dan emosi mulai usia 40-an. Gejalanya mirip menopause yaitu libido berkurang, disfungsi ereksi, pelupa, rambut rontok, insomnia, sendi-sendi pegal linu, berat badan meningkat, dan lainnya. Tidak setiap pria mengalami setiap gejala, lain pria lain pula gejala yang dialaminya.

Umumnya pria tidak menyadari proses andropause, tahu-tahu sudah lewat. namun kita bisa melihat bahwa pada usia 40-an mereka mulai bertingkah laku aneh-aneh misalnya menikah lagi dengan wanita yang jauh lebih muda dan menceraikan istrinya tanpa sebab yang meyakinkan. Jika ia punya banyak uang, maka akan gila-gilaan membeli barang-barang mewah, seperti mobil mewah, kapal atau yacht.

Apa yang terjadi pada tubuh mereka sebenarnya? Pada masa andropause, pria menglami fluktuasi hormonal seperti juga dialami wanita pada masa menopause yang menyebabkan ketidakseimbangan psikologis dan emosional. Hormon pria, testosteron, berkurang dan hormon kewanitaannya (dalam tubuh pria juga ada sedikit hormon wanita), estrogen, malah meningkat sehingga menyebabkan perubahan fisik dan tingkah laku. Mereka menjadi semakin gendut, payudara membesar, alkoholik, dan lainnya.

Perbedaannya dengan wanita menopause, kaum pria biasanya tidak menyadari ketika mereka memasuki masa andropause sehingga mereka merusak dirinya sendiri maupun perkawinannya. Sedangkan wanita menopause lebih sadar diri, dan berusaha tegar tidak merusak keluarga dan tubuhnya, tidak berpacaran lagi atau menikah lagi.

Gejala Menopause | Tahapan Menopause

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.