Bahan Makanan Anti Insomnia

Sulit tidur atau insomnia juga bisa diredam dengan membenahi pola makan. Pilih bahan makanan dengan kandungan nutrisi tertentu yang memudahkan rasa kantuk. Makanan yang mengandung asam amino triptofan, magnesium, dan vitamin B1 dipercaya mampu menghilangkan gangguan sulit tidur. Contohnya, minumlah susu hangat (jika perlu ditambhakan pemanis madu) sebelum tidur, mengudap kenari atau almond (bukan digoreng tapi disangrai) dapat mempercepat datangnya kantuk. Ini disebabkan kandungan triptofan dalam susu dan vitamin B1 dan magnesium dalam almond atau kenari, yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Vitamin B1 juga berlimpah dalam susu kedelai. Meningkatnya kadar serotonin akan membuat rileks otak sehingga rasa kantuk pun datang.

Jika ketiga nutrisi tersebut tidak mempan membuat Anda mengantuk, perlu dicari bahan makanan lain yang mengandung gizi yang mampu mengendurkan saraf dan otot, yaitu anggota kelompok vitamin B kompleks lainnya misalnya asam folat, inositol, vitamin B12, vitamin B5, niasin. Niasin berlimpah dalam kacang hijau dan mampu membantu produksi serotonin dalam otak. Kacang-kacangan lain yang mengandung kelompok vitamin B adalah kacang merah, kacang tolo, kedelai. Tempe berlimpah dengan vitamin B5 (pantotenat) yang ikut berperan memproduksi kimia otak yang bersifat pereda stres. Selain itu vitamin B5 juga menjaga imunitas tubuh. Sedangkan sayuran kelompok kubis sarat dengan vitamin B kompleks. Khusus brokoli mengandung asam folat yang berlimpah yang mampu meredakan stres berat yang menyebabkan sulit tidur. Telur selain merupakan sumber protein yang murah meriah, juga mengandung kadar vitamin B12 yang selain dapat meredakan stres dan depresi juga berperan dalam mengubah asupan makanan menjadi energi siap pakai sehingga mendukung kelancaran fungsi sistem saraf. Bagaimana dengan inositol? Bisa didapat dalam bahan makanan apa? Jeruk. Ya, berbagai jenis jeruk sarat dengan inositol yang bekerja menenangkan saraf dan otot. Sedangkan jenis-jenis ikan mengandung kadar kalsium tinggi dan magnesium yang mempunyai efek menenangkan (calming effect).

Tidak hanya vitamin, ada sejumlah mineral yang juga mempunyai sifat menenangkan saraf dan otot. Misalnya kalsium, kalium, seng, dan magnesium. Keempatnya selain bersifat menenangkan juga menurunkan tekanan darah sehingga membantu Anda untuk tidur lelap. Ada keistimewaan lain dari mineral seng, yaitu mampu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan demikian, walau Anda masih tetap sulit tidur, tidak akan mudah menjadi sakit.

Zat gizi yang juga berperan membuat otak rileks adalah karbohidrat kompleks. Bisa didapat jika Anda mengkonsumsi beras merah yang kini bisa dibeli di toko-toko swalayan (supermarket).

Ada jenis-jenis sayuran yang mengandung kadra hiosiamin, yaitu zat kimia alami yang bersifat semacam opium. Dapat membantu Anda agar lebih cepat tertidur nyenyak. Silakan melahap daun selada atau lettuce segar yang kandungan gizinya masih lengkap. Dengan demikian zat antiinsomnia yang dikandungnya masih baik. Zat hiosiamin juga bisa didapat dalam sayuran sawi hijau dan kangkung. Nah, tidak salah jika nenek moyang kita selalu menganjurkan makan tumis kangkung agar bisa tidur lelap.

Ada juga makanan yang mengganggu tidur. Terutama Anda harus mewaspadai makan malam, jangan memilih makanan yang mengandung nutrisi yang akan membuat Anda sulit tidur. Contohnya protein hewani. Menyantap protein hewani berlebihan (misalnya steik daging) akan meningkatkan produksi hormon norepinefrin dan dopamin. Kedua hormon ini meningkatkan kesadaran kita. Selain itu juga menghambat produksi serotonin yang membuat kita mengantuk. Jika Anda tetap ingin menikmati steik daging, santaplah lima jam sebelum tidur.

Begitu pula makanan yang menimbulkan rasa panas di ulu hati (heart burn) atau yang menghasilkan banyak gas (membuat perut kembung) juga dapat menimbulkan gangguan tidur. Contohnya buah nangka matang, sayur nangka muda, durian, sawi, kol, dan daun singkong.

Kopi dan minuman yang mengandung kafein (coca cola), juga minuman beralkohol menimbulkan gangguan sulit tidur. Demikian pula beberapa jenis obat-obatan, seperti penurun demam dan obat asma.

Bumbu-bumbu yang tajam, pedas, yang mengandung vetsin, dan banyak bawang putih juga berpotensi menyulitkan Anda untuk tertidur pulas. Demikian pula gula karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dapat mengganggu tidur.

Nah, Anda dapat berkreasi menciptakan menu-menu sehari-hari yang tidak mengandung zat-zat makanan yang mengganggu tidur Anda.

Sulit Tertidur Pada Malam Hari | Hot Flashes (Semburan Panas)

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.