Berkenalan dengan Asam Urat

Pak Saputra, manajer sebuah perusahaan multinasional, dikenal ramah, mudah bergaul, dan dekat dengan karyawannya. Darah Sunda yang mengalir kental ditubuhnya membuat ia lebih senang dipanggil Kang Asep oleh semua orang. Suatu malam, lelaki 45 tahun ini memutuskan segera pergi tidur setelah berpartisipasi membantu Ketua RT mengurusi HUT RI di kompleks rumahnya. Pada saat sedang enak-enaknya tidur, tiba-tiba ia tersentak bangun. Bukan karena alarm alami-nya untuk sholat tahajud, tapi karena nyeri yang tak terperi di ibu jari kakinya. Tak lama, tubuhnya demam hingga menggigil.

Kang Asep tidak pernah mengalami sakit seperti ini sebelumnya. Nyeri itu serasa menusuk ke dalam tulang-tulang disekitar ibu jari kakinya. Ia tak mampu berdiri, tak bisa menjerit, hanya mengerang tertahan sambil mengeluh. Esoknya ia segera memeriksakan diri ke dokter.

Oleh dokter, Kang Asep dinyatakan menderita asam urat. Gara-garanya, tubuhnya mengalami kondisi hiperurisemia, yakni kadar asam urat dalam darah yang melebihi normal. Setelah terapi tidak lebih dari 2 minggu, keluhannya berkurang. Bahkan, menghilang sama sekali. Kang Asep merasa bugar kembali.

Anehnya, setahun kemudian, dia merasakan hal yang sama. Nyeri datang lagi tanpa diundang, bahkan lebih nyeri. Rasa nyeri itu muncul di sendi ibu jari kakinya disertai bengkak kemerahan. Dia pun tidak berani bergerak banyak seperti biasanya. Kang Asep tahu, sedikit saja sentuhan sarung pada ibu jarinya dapat menimbulkan sakit yang luar biasa.

Benarkah ini penyakit biasa? Tak banyak pertimbangan, Kang Asep segera menemui dokter, bukan ke dokter yang sama. Kang Asep ingin mendengar pendapat lain untuk lebih memastikan apa sebenarnya yang diderita sehingga ia menemui Dokter Joewono. Inilah awal pertemuannya dengan dokter yang dikenal ramah itu.

A. Apakah Asam Urat itu ?

01: Begini, Dok. Oleh dokter sebelumnya, saya divonis menderita asam urat. Saya mau tanya, nih. Apa sih asam urat itu ?

Asam urat merupakan sisa hasil metabolisme tubuh. Namun, orang seringkali menyebut semua penyakit yang menyerang sendi sebagai “asam urat”. Padahal, tidak semua penyakit sendi disebabkan asam urat. Nah, penyakit sendi akibat asam urat adalah penyakit yang dapat muncul karena peningkatan kadar asam urat dalam darah yang melebihi ambang batasnya. Asam urat ini kemudian menumpuk dalam ruang sendi dan menyebabkan gangguan pada struktur sendi.

Jika kadar asam urat dalam darah Kang Asep melebihi ambang normal, asam urat ini tidak akan bisa larut kembali dalam darah. Pada akhirnya, akan mengendap menjadi kristal urat dan masuk ke organ-organ tubuh, khususnya ke dalam sendi. Kristal urat ini dianggap sebagai benda asing oleh tubuh. Hal ini memicu sel-sel kekebalan (immune cells) untuk memusnahkannya.

Munculnya sel-sel kekebalan akan menimbulkan reaksi radang atau inflamasi yang menyebabkan bengkak kemerahan dan nyeri. Inilah yang disebut sebagai penyakit radang sendi atau artritis. Karena penyebabnya adalah kristal urat maka disebut artritis gout. Untuk singkatnya, artritis gout atau asam urat disebut gout.

B. Asam Urat, Gout, dan Hiperurisemia

02: Dokter menyebutkan penyakit Saya ini gara-gara hiperurisemia. Apa maksudnya, Dok ?

Hiperurisemia adalah peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Untuk laki-laki, ambang normalnya dalam darah adalah 7,0 mg/dL. Adapun pada perempuan, normalnya adalah 5,7 mg/dL darah. Gout muncul sebagai akibat kondisi hiperurisemia.

Tabel 1. INSIDEN TAHUNAN DARI ARTRITIS GOUT PADA KADAR ASAM URAT TERTENTU
Kadar asam urat (mg/dL) : < 7,0
Insiden gout (%) : 0,1 – 0,5

Kadar asam urat (mg/dL) : 7,0 – 8,9
Insiden gout (%) : 0,5 – 1,2

Kadar asam urat (mg/dL) : > 9
Insiden gout (%) : 4,9 – 5,7

Dari Tabel 1. bisa dilihat, angka kejadian gout meningkat pada keadaan asam urat tinggi atau hiperurisemia, yaitu lebih dari 9 mg/dL. Tentu saja Kang Asep mudah mengalami gout apabila mengalami kondisi hiperurisemia. Namun, dengan kadar asam urat dalam batas normal, yakni kurang dari 7 mg/dL, seseorang masih bisa mengalami gout. Oleh karena itu, tetap perlu waspada, terutama mereka yang pernah mengalami serangan gout. Pada masa yang akan datang, risiko mengalami serangan gout akan lebih besar. Meski demikian, tidak semua kondisi hiperurisemia bisa mencetuskan gout. Hindari sebisa mungkin penyebab-penyebab yang dapat mencetuskan serangan gout.

03: Sebenarnya, apa fungsi asam urat dalam tubuh kita ?

Asam urat punya fungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam regenerasi sel. Setiap peremajaan sel kita membutuhkan asam urat. Jika tubuh kekurangan antioksidan, akan banyak oksidan atau radikal bebas yang membunuh sel-sel kita. Apa akibatnya? Misalnya, jika hal itu terjadi pada kulit maka kulit akan mudah kusam dan tidak sehat. Manusia merupakan satu-satunya mamalia yang tidak dapat membuat antioksidannya sendiri. Oleh karenanya, manusia perlu mendapatkan antioksidan dari luar. Yang termasuk antioksidan misalnya vitamin E dan vitamin C. Kedua vitamin ini banyak bekerja dikulit untuk menangkal radikal bebas dari luar tubuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengganti sel-sel yang rusak ketika sedang memulihkan diri setelah sakit. Kedua vitamin ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, tubuh kita tidak bisa mensitetisnya sendiri, harus ada suplemen dari luar. Nah, fungsi ini tergantikan dengan adanya asam urat dalam tubuh kita.

Apabila terlalu lelah bekerja, sel-sel tubuh melampaui batas maksimal kerjanya. Sel-sel itu kemudian akan mati. Semakin banyak sel yang mati, semakin banyak pula produk-produk sampingan semacam radikal bebas. selain itu, bila sel-sel penangkal (seperti terdapat pada kulit) rusak, radikal bebas berupa polusi dari luar tubuh akan lebih mudah masuk. Kondisi ini semakin menambah kerusakan pada tubuh. Di sinilah peran asam urat. Semakin banyak radikal bebas, semakin banyak juga asam urat. Namun, semakin banyak asam urat, semakin berisiko mengalami gout.

04: Apa yang terjadi pada tubuh bila kadar asam urat darah terlalu tinggi dari normal?

Pada kondisi hiperurisemia, asam urat akan merembes masuk ke organ-organ, terutama persendian. Dalam cairan sendi inilah asam urat dapat menjadi kristal yang disebut monosodium urat monohidrat (MSUM). Yang perlu diingat, hiperirisemia tidak selalu menyebabkan gout. Namun, kadar asam urat yang normal pun tidak selamanya bebas dari gout.

05: Lalu, apa yang terjadi bila tubuh kekurangan asam urat, Dok ?

Kekurangan asam urat secara tiba-tiba, misalnya setelah minum obat penurun asam urat dalam dosis lebih, bisa mencetuskan serangan gout. Kok bisa? Kelarutan asam urat dalam darah dan sendi selalu dalam kondisi seimbang. Kelarutan dalam darah yang tinggi dapat menimbulkan titik jenuh sehingga sebagian asam urat akan mengendap dalam sendi. Asam urat dalam sendi susah kembali kedalam darah. Bila kadar asam urat dalam darah mendadak turun, tubuh akan menyesuaikan kadar asam urat dalam sendi dengan mengurangi kandungan asam urat terlarutnya. Tubuh akan mengubah asam urat terlarut dalam sendi menjadi bentuk tak terlarut berupa kristal MSUM, atau singkatannya kristal urat. Inilah yang mencetuskan serangan gout.

06: Timbunan asam urat bisa terjadi di mana, Dok?

Asam urat dapat tertimbun di mana saja. Namun, biasanya terjadi di sendi dan jaringan sekitarnya. Selain itu, bisa juga di ginjal dan saluran kencing, jantung, telinga, bahkan kelopak mata. Tumpukan asam urat di sendi dan jaringan sekitar sendi akan menyebabkan penyakit gout, baik gout akut ataupun kronis. Timbunan asam urat diginjal dan saluran kencing akan menyebabkan penyakit ginjal yang bisa berkembang menjadi gagal ginjal permanen. Akibatnya, seseorang harus melakukan cuci darah sepanjang hidupnya. Timbunan asam urat di jantung akan menimbulkan penyakit jantung. Sampai sekarang, masih belum jelas hubungan antara penyakit jantung dan pembuluh darah yang disebabkan oleh asam urat. Namun, riset menunjukkan bahwa pasien dengan kadar asam urat tinggi berisiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Jika tidak ditangani dengan benar, tumpukan asam urat dapat “memanggil” bakteri penyebab infeksi. Kang Asep bayangkan saja bagaimana bila tumpukan itu terjadi di telinga dan kelopak mata.

07: Hii… Ngeri juga ya. Tadi dikatakan gout akut dan kronik, apa bedanya, Dok?

Secara sederhana, yang disebut akut bersifat mendadak, sedangkan kronis sifatnya menahun. Serangan gout yang muncul tiba-tiba padahal sebelumnya segar bugar, disebut gout akut. Adapun gout menahun adalah gout yang diderita dalam waktu yang lama. Biasanya, pasien pernah mengalami minimal satu kali serangan gout. Orang yang mengalami gout kronis seringkali merasa tidak ada keluhan apa pun. Ia merasa dirinya sudah sembuh sehingga memutuskan tidak berobat lagi. Padahal, setiap orang yang pernah menderita gout berisiko kambuh di kemudian hari. Dalam darah pasien gout sudah mengandung banyak tumpukan asam urat. Ibarat bom waktu, gout kronis bisa kembali menjadi akut apabila sang penderita tidak waspada. Inilah yang disebut sebagai gout kronis eksaserbasi akut. Pencetusnya bisa karena konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, seperti daging dan jeroan.

C. Makanan Berprotein Tinggi Menyebabkan Asam Urat

08: Padahal, saya hanya makan tumpeng saat acara. Mengapa bisa ada asam urat dalam tubuh?

Asam urat secara alami terdapat dalam jumlah kecil ditubuh kita. Asam urat merupakan produk sisa dari sel-sel tubuh yang mati. Sel-sel tubuh yang mati ini lalu melepas purin, salah satu jenis zat yang terdapat dalam setiap sel makhluk hidup. Purin juga terdapat dalam makanan yang kita makan. Nah, purin inilah yang dimetabolisme tubuh menjadi asam urat. Normalnya, asam urat akan larut kembali dalam darah, disaring oleh ginjal, lalu  dibuang ke luar melalui air seni. Namun, jika asam urat terlalu banyak atau terdapat gangguan ginjal, terjadilah penumpukan asam urat dalam tubuh. Ini yang tadi kita sebut sebagai hiperurisemia. Sekali lagi, meski menjadi pencetus gout, tapi keadaan hiperurisemia tidak selalu menjadi gout.

09: Apa yang dimaksud purin, Dok ?

Purin adalah salah satu penyusun asam nukleat yang terdapat pada semua sel makhluk hidup. Purin ibarat batu bata yang menyusun “tembok” asam nukleat. Asam nukleat ini berupa DNA (deoxyribose nucleic acid, asam deoksiribosa nukleat) atau RNA (ribose nucleic acid, asam ribosa nukleat).

Purin paling banyak terdapat pada protein. Nah, karena terdapat dalam semua sel makhluk hidup, hampir semua bahan makanan bisa menyebabkan asam urat. Akan tetapi, nggak usah khawatir. Tidak semua bahan makanan mengandung banyak purin. Makanan yang mengandung banyak purin misalnya daging, jeroan, ekstrak daging, daging awetan, ikan atau hewan laut.

D. Akibat Kadar Asam Urat yang Tinggi

10: Asam urat tidak menimbulkan patah tulang atau kematian, kan, Dok?

Patah tulang bisa saja terjadi pada kasus gout kronis. Penderitanya sudah terlalu lama menderita dan tidak mendapat pengobatan yang baik. Asam urat yang menumpuk dalam sendi bisa menggerogoti tulang di persendian sedikit demi sedikit. Tulang lalu mengalami deformitas atau perubahan bentuk gara-gara keropos. Akhirnya, tulang mudah patah.

Gout dan kematian tidak berhubungan secara langsung. Gout sering dikaitkan dengan masalah kesehatan jantung, termasuk peningkatan tekanan darah atau hipertensi, penyakit pembuluh darah jantung atau jantung koroner, bahkan kegagalan jantung. Keadaan hiperurisemia cukup berpengaruh terhadap peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung.. Nah, saat ini, banyak dilakukan penelitian mengenai ada tidaknya efek langsung hiperurisemia terhadap penyakit-penyakit tersebut. Jika terbukti mengalami gangguan jantung karena hiperurisemia maka kita harus waspada. Nah, gangguan jantung inilah yang mampu menyebabkan kematian, bukan goutnya secara langsung.

11: Mengapa asam urat yang terlanjur masuk ke dalam ruang sendi sulit dikeluarkan?

Nah, pertanyaan ini enak dijelaskan dengan gambar, Kang. Gambar berikut (hal.22) adalah struktur sendi kita.

Bisa dilihat digambar itu, pembungkus sendi kita tidak mengandung pembuluh darah seperti struktur di sekitarnya. Oleh karena tidak mengandung pembuluh darah, asam urat yang sudah terlanjur masuk akan sangat sulit keluar atau diserap oleh ruang antar sendi.

12: Saya masih belum mengerti, Dok. Lalu, bagaimana bisa asma urat itu masuk ke dalam sendi?

Pelumas sendi (cairan sinovia) bisa terkumpul di ruang antar sendi karena rembesan plasma darah. Plasma adalah bagian cair dari darah. Plasma darah banyak mengandung nutrisi dan zat-zat dalam darah, termasuk asam urat. Bila kadar asam urat dalam darah tinggi, kadar dalam plasma juga tinggi. Nah, asam urat bisa masuk ke ruang antarsendi melalui rembesan plasma darah. Daya rembes plasma ini dipengaruhi oleh gaya tekan tubuh. Artinya, sangat dipengaruhi oleh berat badan dan aktivitas. Inilah salah satu sebabnya aktivitas berat dan berat badan berlebih dapat memicu menumpuknya asam urat dalam sendi. Kondisi ini yang akhirnya membuat seseorang terserang gout.

13: Semakin banyak gerak, saya merasa makin nyeri. Padahal, saya masih banyak kerjaan. Apa yang harus saya lakukan, Dok?

Kalau sedang mengalami serangan gout, rasanya memang sangat nyeri sekali. Istirahatkan diri dan jangan terlalu banyak beraltivitas. Makin banyak bergerak, makin nyeri rasanya, dan makin menyiksa diri sendiri. Kesampingkan dulu pekerjaan, Kang. Titipkan pada orang lain kalau bisa. Mementingkan kerjaan boleh, tapi utamakan kesehatan. Percuma bekerja jika mengganggu kesehatan. Hal itu malah membuat kualitas pekerjaan menurun.

14: Apakah asam urat bisa menyebabkan pegal-pegal?

Orang yang mengalami hiperurisemia tidak menunjukkan gejala pegal-pegal. Bukan asam urat yang membuat seseorang pegal-pegal, tapi asam laktat-lah penyebabnya. Asam laktat adalah hasil pembakaran tak sempurna dari zat gula untuk menghasilkan energi.

Gambarannya seperti ini, kalau tiba-tiba disuruh lari mengelilingi rumah sakit ini tiga kali, Kang Asep pasti pegal, kan? Ada dua hal yang biasa dirasakan setelah lari jauh, yaitu terengah-engah dan lapar. Napas yang terengah-engah adalah tanda bahwa tubuh membutuhkan oksigen untuk energi dalam berlari. Lalu, apa yang diubah menjadi energi? Itulah zat gula yang lazim disebut glukosa. Glukosa kita dapat dari makanan yang mengandung banyak karbohidrat, seperti nasi, jagung, sagu, dan makanan yang terasa manis. Lapar adalah mekanisme “alarm alami” tubuh yang berteriak membutuhkan energi tambahan,

Karbohidrat dipecah menjadi glukosa lalu dibakar oleh oksigen dan menghasilkan energi. Pembakaran dengan oksigen ini disebut metabolisme aerob. Namun, apabila tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen untuk pembakaran glukosa, kondisi ini disebut metabolisme anaerob. Metabolisme anaerob inilah yang menghasilkan zat sisa berupa asam laktat. Semakin lama asam laktat ini menumpuk di otot dan darah, kondisi tubuh akan semakin asam pula. Kondisi asam ini membuat tubuh berusaha mengambil banyak oksigen untuk merombak asam laktat menjadi energi kembali.

15: Kelebihan asam laktat bisa diatasi dengan bernafas dan menghirup oksigen. Apakah cara itu juga bisa dilakukan untuk menghilangkan asam urat?

Asam urat dan asam laktat memang sama-sama asam. Namun, keduanya lain cara mengatasi. Asam urat punya struktur yang lebih rumit, sehingga penanganannya pun tidak sesederhana asam laktat.

16: Kalau berolahraga tanpa pemanasan, otot saya bisa kram. Apa ini karena asam urat, Dok?

Kram terjadi karena kurang energi. Persis seperti cerita soal metabolisme anaerob di atas. Metabolisme anaerob menghasilkan energi tidak sebanyak metabolisme aerob. Energi ini lazim disebut adenosin trifosfat atau ATP. Jika metabolisme aerob menghasilkan 34 ATP, metabolisme anaerob hanya menghasilkan 2 ATP. ATP dibutuhkan untuk mekanisme pergerakan otot, kontraksi, dan relaksasi. Jika tubuh kekurangan ATP maka gerakan otot menjadi “terkunci”. Ini yang kita sebut kram. Oleh karenanya, pemanasan atau warming up sebelum berolahraga sangat penting. Dengan pemanasan, tubuh bisa mendapat oksigen sebanyak-banyaknya dan mempersiapkan ATP untuk gerakan otot yang lebih berat. Sebenarnya, pemanasan juga sangat bagus bagi tubuh sebelum beraktivitas dimana pun.

17: Apakah gout itu penyakit musiman, Dok?

Jelas bukan. Hanya saja, memang kita perlu cermati beberapa kejadian yang berkaitan langsung dengan sifat penyakit gout ini. Beberapa pasien seringkali mengeluh goutnya kambuh setelah makan makanan tertentu dalam jumlah banyak. Contohnya, durian. Durian termasuk buah yang banyak mengandung purin dan alkohol. Karena durian termasuk buah musiman maka orang pun mengonsumsi saat durian tersedia banyak. Akibatnya, saat musim durian, banyak orang yang terserang gout.

Kondisi lain yaitu pada musim hujan ketika cuaca relatif lebih dingin dari biasanya. Garam MSUM lebih mudah mengkristal pada suhu dingin. Oleh karena itu, pada musim hujan, jumlah penderita yang terkena serangan gout menjadi lebih banyak. Jadi, gout tidak serta merta punya musim tertentu. Namun, pengetahuan akan sifat penyakit gout inilah yang membuat kita mewaspadai musim tertentu yang berpotensi meningkatkan angka kejadian gout.

18: Apa bedanya asam urat dengan rematik, Dok?

Iklan ditelevisi dan media cetak banyak yang menampilkan obat rematik. Namun, yang sering ditampilkan di iklan hanya sesuai dengan keluhan yang dirasakan masyarakat. Rematik di iklan biasa disebut sebagai pegal linu. Oleh karena itulah, obat rematik dikenal masyarakat sebagai obat pegal linu. Padahal, istilah rematik itu sangat luas, tidak terbatas pada pegal linu. Pegal linu hanya salah satu keluhan saja. Beberapa penyakit yang termasuk dalam kategori rematik yaitu artritis gout, artritis rheumatoid, osteoartritis, dan lain-lain.

19: Kristal urat ini bisa sampai ke otak, nggak, Dok?

Pernah ada laporan bahwa asam urat bisa mengendap di otak. Namun, itu jarang sekali terjadi. Darah memang bisa mencapai semua daerah dan organ mana pun dalam tubuh kita, termasuk otak. Logikanya, jika darah banyak menuju otak maka kondisi hiperurisemia bisa terjadi di otak. Akibatnya, otak menjadi asam. Akan tetapi, Kang Asep tak usah khawatir. Meskipun banyak dilalui pembuluh darah, otak kita mempunyai semacam filter alami yang disebut blood-brain barrier. Filter ini berfungsi menyaring zat yang tidak berguna supaya tidak ikut masuk kedalam otak. Filter ini sangat selektif dan hanya memperbolehkan zat-zat bermanfaat seperti glukosa dan oksigen masuk. Filter ini juga menghalangi zat-zat berbahaya seperti asam urat. Memang ada beberapa zat seperti obat dan racun tertentu yang dapat masuk, tapi tidak termasuk asam urat. Kita harus bersyukur, Kang, Alloh menciptakan barrier ini. Dengan adanya filter ini, asam urat yang berbahaya tidak akan masuk ke otak. Filter lain yang melindungi organ-organ penting dalam tubuh kita contohnya blood-ocular barrier (filter di mata), blood-placenta barrier (pada plasenta bayi), dan blood-testis barrier (pada testis). Filter inilah yang menghalangi zat-zat berbahaya masuk dan mencemari organ-organ penting.

20: Setelah terkena asam urat, saya masih bisa jalan-jalan, nggak, Dok ?

Kalau sedang terserang gout, tentu lebih baik istirahat saja. Namun, kalau kondisinya telah membaik, kita dapat melakukan semua kativitas, termasuk jalan-jalan. Bahkan, pernah dilaporkan, seseorang olahragawan bisa berprestasi meraih banyak penghargaan dan medali meski tahun sebelumnya dia terserang gout. Hal ini adalah bukti bahwa asam urat yang terkontrol tidak akan mengganggu aktivitas. Namun, perlu menjaga makanan, minum obat secara teratur dan tepat dosis, serta melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti olahraga.

Sepuluh Mitos tentang Gout dan Asam Urat | Pencetus Gout

This entry was posted in Asam Urat. Bookmark the permalink.