Definisi Asma

Asma adalah suatu penyakit yang sangat umum, merupakan keadaan paru yang sangat mungkin disembuhkan. Jutaan orang di seluruh dunia, anak-anak dan dewasa menderita asma. Gejala asma berhubungan dengan pernapasan dan sistem pernapasan. Gejala asma bervariasi dalam frekuensi dan intensitas, termasuk batuk, mengi, peningkatan produksi mukus, pernapasan yang tak nyaman, dan sesak napas. Derajat keparahan asma tidak hanya bervariasi dari orang ke orang tetapi dapat juga berfluktuasi pada orang yang menderita asma dari waktu ke waktu. Tujuan utama pengobatan asma yaitu langsung pada pencegahan gejala begitu juga pengendalian gejala. Beberapa orang mengalami asma yang ringan dengan gejala yang jarang. Sedangkan penderita asma yang lain memiliki gejala yang lebih persisten, hal ini merupakan sisi lain dari gambaran keparahan asma, yang mungkin membutuhkan beberapa pengobatan paru setiap hari secara teratur untuk mengendalikan penyakitnya, menormalkan fungsi paru, dan mencapai keadaan bebas gejala.

Para dokter yang ahli dalam penanganan asma dengan tegas menyatakan, mereka percaya bahwa penderita yang sangat parah pun dapat disembuhkan dengan sukses. Manajemen asma modern dan terapi kontemporer memungkinkan pendeita asma menjalani hidup lebih aktif dan penuh makna. Keberhasilan pengobatan asma membutuhkan pemahaman penyakit secara umum sebaik pemahaman bagaimana penyakit itu sendiri terdapat pada orang tertentu, dikombinasikan dengan perawatan medis yang penuh perhatian dan menggabungkan kerjasama kemitraan antara pasien dan dokter.

Komponen Pengobatan Kontemporer Asma

* Pengobatan disesuaikan dengan keparahan asma dan tingkat pengendalian
* Tindakan pengendalian lingkungan
* Imunisasi (termasuk melawan influensa)
* Identifikasi dan mengobati kondisi medis yang menyertai
* Pendidikan untuk pasien, keluarga, dan pengasuh
* Strategi manajemen sendiri dan panduan-panduannya
* Latihan aerobik regular
* Menggabungkan aliansi terapi yang benar antara pasien dan penyedia layanan kesehatan

Asma adalah penyakit yang sangat umum dijumpai. Penyakit ini telah dijumpai dalam semua etnik grup dan pada semua umur, dari masa kanak-kanak sampai memasuki masa pensiun. Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Pusat Nasional untuk Statistik Kesehatan Nasional melaporkan bahwa asma saat ini mengenai lebih dari 22,2 juta orang Amerika atau 7,9% dari populasi, termasuk lebih dari 6,7 juta anak-anak yang berusia kurang dari 18 tahun. Selain itu 7,3% orang Amerika dewasa saat ini menderita asma, dan 9,3% orang-orang muda berusia 15 tahun atau lebih muda. Asma merupakan penyakit kronis yang paling umum pada masa kanak-kanak. Hal ini juga menjadi penyebab utama ketidakhadiran di sekolah karena kondisi kronis. Anak-anak dan dewasa muda penderita asma yang berusia 5 – 17 tahun kehilangan lebih dari 12,8 juta hari sekolah setiap tahun di Amerika Serikat. Asma bertanggung jawab terhadap gangguan aktivitas orang dewasa, menyebabkan lebih dari 10 juta hari kerja hilang setiap tahun pada penderita asma dengan pengendalian yang buruk.

Biaya asma penting untuk individu dan masyarakat kita secara keseluruhan. Para ahli merujuk ke beban tanggungan karena asma. CDC memperkirakan bahwa pada tahun 2006, asma menyebabkan 10,6 juta kunjungan ke tempat praktek dokter, 1,3 juta kunjungan ke klinik rumah sakit, dan 1,8 juta kunjungan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Angka kunjungan ke IGD lebih tinggi pada anak-anak dibandingkan pada dewasa, dan angka tertinggi yang membutuhkan penanganan gawat darurat yaitu untuk anak usia 4 tahun dan yang lebih kecil. Rawat inap untuk penderita asma tampak menurun dari tahun ke tahun, dan saat ini hampir mendekati setengah juta setiap tahun, dengan angka rawat inap yang lebih tinggi di antara anak-anak dibandingkan dewasa. Angka tertinggi rawat inap untuk pengobatan asma, sama dengan angka penggunaan ruangan emergensi untuk anak usia 4 tahun dan yang lebih kecil.

Para ahli tertarik dalam mengurangi beban penyakit asma dan angka rawat inap di Amerika Serikat sebagaimana di negara lainnya. Kenyataan bahwa angka rawat inap di Amerika Serikat telah menurun dapat menggambarkan pengaruh manfaat pengenalan terapi asma terbaru, termasuk pengobatan seperti yang disebut sebagai “pengendali” atau obat pemeliharaan. Pahami asma, manajemen latihan yang baik, dan adanya strategi yang dapat membantu Anda dalam memahami kondisi Anda dengan lebih baik. Dengan mengetahui bahwa asma merupakan penyakit yang sangat umum, menjadi pengingat bahwa Anda tidak sendirian. Mengobati asma dengan tepat memberikan kehidupan yang penuh dan bermanfaat. Fakta tersebut bersama dengan fakta bahwa jutaan orang Amerika telah didiagnosis dengan asma, menjelaskan mengapa Anda menemui penderita asma, menjelaskan mengapa Anda menemui penderita asma meraih segalanya, di mana-mana! Saya telah berjumpa dengan atlet penderita asma, guru penderita asma, pengacara dan dokter penderita asma. Ketika salah satu pasien mengaku dengan tersenyum, “Dokter, jika saya dapat menggosok dan memflos gigi saya dua kali sehari setiap hari dalam kehidupan saya, kenapa saya harus meluangkan waktu beberapa menit untuk menghirup obat yang menjaga saya tetap sehat?”

Home | Asma Pada Segala Usia

This entry was posted in Asma. Bookmark the permalink.