Diet Diabetes (2)

Diet Diabetes yang Tepat – Lanjutan

Yang penting bukan masalah banyak atau sedikitnya jumlah makanan yang dikonsumsi. Asalkan tidak mengandung kalori yang berlebihan, gula darah Anda tidak akan naik. Makan banyak tetapi diimbangi dengan pembakaran lewat olahraga, gula darah tetap bisa terkendalikan.

Karbohidrat sangat penting untuk pembentukan tenaga, sedangkan protein untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Tanpa karbohidrat badan anda akan menjadi lemas. Karbohidrat ada tiga macam: gula, zat pati, dan serat. Rata-rata 45-65% kebutuhan tenaga didapat dari makanan karbohidrat. Berarti minimum 130 gram per hari. Perbanyak golongan serat, kalorinya lebih kecil, tapi membuat Anda kenyang. Kita perlu sekitar 20-30% protein. Kelebihan protein membebani kerja ginjal, terutama jika gula darah Anda tidak terkendali dan tekanan darahnya tinggi.

Makanan untuk pasien diabetes selain harus sehat, juga tidak membosankan, tidak menakutkan. Jadi, menu sehari-hari harus sangat bervariasi, bisa bermacam-macam, harus bersih dan aman. Namun, karena ada sakit gula dan seringkali berat badan berlebihan, maka Anda harus membatasi makanan yang banyak mengandung gula, makanan yang asin, atau menu kaya lemak. Sayuran dan buah-buahan serta makanan berserat harus menjadi makanan kesukaan Anda.

Pasien diabetes masih boleh menikmati makanan kesukaannya. Namun, Anda harus menyesuaikan jumlahnya, tidak berlebihan, batasi makanan yang berkalori tinggi, imbangi pula dengan berolahraga.

Anda harus makan tiga kali sehari. Makan pagi, makan siang, dan makan malam penting untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Otak akan bekerja baik jika ada sarapan pagi. Minum obat atau suntik insulin mengharuskan Anda mengatur jadwal makan yang tepat dan teratur.

Tiga kali makan sehari harus sampai Anda merasa cukup kenyang, supaya Anda tidak sering mencari makanan kecil. Ngemil yang berulang-ulang membuat gula darah naik, apalagi jika yang dimakan adalah makanan yang kaya karbohidrat. Aturlah jam makan dan jumlah makan yang tepat, supaya gula darah terkendali dengan baik.

Anda butuh sejumlah makanan untuk memenuhi keperluan kalori setiap hari. Jadi, porsi tergantung pada jumlah kalori yang dibutuhkan. Jangan mencoba untuk tidak makan supaya gula darah turun. Upayakan jumlah makanan setiap  harinya sama. Kelebihan akan menaikkan gula, sedangkan mengurangi porsi bisa menurunkan kalori yang masuk. Jika Anda merasa makan terlalu banyak, imbangilah dengan gerak badan untuk membakar kalori.

Jika Anda tidak makan nasi, hanya mengkonsumsi sayuran, memang gula darah tidak tinggi, tetapi Anda menjadi lemas, tidak bertenaga. Kebanyakan sayuran membuat Anda kenyang, tetapi kembung, timbul banyak gas di dalam perut, perut menjadi sakit, bahkan sukar buang air besar. Serat menyerap air, sehingga ada orang yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Serat dalam jumlah yang terlalu banyak juga dapat menghambat penyerapan mineral-mineral tertentu, seperti seng, besi, magnesium, dan kalsium. Hal ini akan merugikan kesehatan Anda. Jadi, tetap ada nasi atau karbohidrat sejenisnya, serta sejumlah sayuran atau makanan serat lainnya, semuanya dalam keseimbangan.

Sembarang makan pasti membuat gula darah anda tak terkendali. Dosis obat tablet atau suntikan insulin terpaksa harus diubah-ubah untuk menyesuaikannya. Anda tetap perlu disiplin dalam berdiet dan berolahraga.

Diet Diabetes (1)

This entry was posted in Diabetes. Bookmark the permalink.