Efek Psikologis Penderita Wasir dan Penanganannya

Kebanyakan penderita wasir merasa malu dan berusaha menutup-nutupi kondisi yang dialaminya. Namun, perlu diingat bahwa jika penyakit tersebut tak diobati, aktivitas penderita bisa terganggu dan kualitas hidupnya dapat berkurang. Untuk mengatasinya biasanya penderita wasir mencari informasi yang benar mengenai penyakit yang dideritanya tersebut. Penanganan yang tepat akan menyebabkan semangat hidupnya muncul kembali.

Pasien yang sering mengalami kekambuhan, sering merasa rendah diri. Bahkan pasien bisa juga dihantui perasaan putus asa.

Biasanya pasien wasir akan merasa ketakutan apabila tiba saatnya untuk buang air besar. Rasa takut ini bisa menyebabkan ia tak mau buang air besar, karena bila ia buang air besar maka akan kambuh penyakitnya. Entah itu kembali menetesnya darah segar sampai pada keluarnya kembali tonjolan yang berasal dari lubang anusnya yang bisa jadi membuatnya memerlukan bantuan seorang dokter. Hal inilah yang menyebabkan penderita wasir merasa bahwa penyakit satu ini adalah momok yang menggelayuti hidupnya.

Untuk mengatasinya, maka perlu diperhatikan bahwa bila perasaan takut untuk buang air besar terjadi, sebaiknya ia segera berkonsultasi dengan dokter. Bila ia sudah beberapa hari tidak buang air besar, segeralah ke dokter.

Apakah Anda Pernah Menderita Wasir?

Menderita suatu penyakit merupakan hal yang biasa dan umum terjadi. Penyakit bisa menyerang semua orang baik laki-laki maupun perempuan, tua atau muda, miskin atau kaya, berpendidikan atau tak berpendidikan, orang berkulit hitam maupun berkulit putih, semua bisa terjangkit. Tak ada seorang pun bisa mengetahui kapan penyakit mengenai dirinya. Namun, pada beberapa penyakit orang mengetahui penyebabnya sehingga mereka bisa mencegahnya.

Jika ada darah yang menetes dari lubang anus ketika Anda buang air besar, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan segera memberitahu Anda, bila Anda menderita penyakit wasir. Banyak yang akan disarankan kepada Anda, mulai dari harus meminum air yang cukup banyak setiap harinya, terutama sebelum buang air besar. Anda juga akan diberitahu bahwa penting untuk menjaga pola makan diet yang terdiri atas makanan yang kaya akan serat. Anda harus mematuhinya, karena hal-hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit wasir. Kesehatan saluran cerna Anda kan cukup baik sehingga kemungkinan kambuhnya wasir berkurang. Bila Anda secara rutin mengatur diet makanan Anda dengan sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak serat, dan minum air yang cukup setiap hari, niscaya paling tidak resiko Anda`terkena penyakit tersebut menjadi berkurang.

Dokter Anda juga akan memberikan resep obat untuk penyakit wasir tersebut, atau bisa saja ia menyuruh Anda segera melakukan operasi terhadap wasir tersebut, apabila benjolan yang keluar dari anus keluar kembali walaupun sudah dimasukkan.

Salah satu cara yang ditawarkan adalah cara baru untuk mencegah wasir, yaitu dengan Pencungkilan Tinja secara digital (cara Dokvaland). Tentulah Anda bisa mengkombinasikannya dengan pengobatan lain, baik dengan pengobatan secara Barat maupun Timur.

Apa yang Harus Diperhatikan Bila Anda Terkena Wasir?

Penyakit wasir bisa terjadi pada setiap orang baik laki-laki maupun perempuan, tanpa pandang bulu. Tak pelak lagi, penyakit ini menjadi momok yang menakutkan bagi penderitanya karena selain mengganggu proses buang air besar yang bisa memakan waktu, tenaga, bahkan biaya pengobatan yang tak sedikit. Penyakit ini pun bisa mengganggu aktivitas dan kualitas hidup pengidapnya bisa menjadi berkurang.

Setiap orang dewasa umunya pernah mengalami penyakit yang satu ini mulai dari yang ringan (berupa menestesnya darah segar setelah buang air besar) sampai yang berat (benjolan tak bisa dimasukkan kembali).

Umumnya mereka tak menyadari bahwa penyakit tersebut akan kembali kambuh bila pola hidup tak sehat. Kekambuhannya sering terjadi misalnya bila ia lupa makan buah-buahan atau kebiasaan memakan makanan yang modern di mana jumlah sayuran dan buah-buahan pada makanan tidak memadai untuk kebutuhan konsumsi tiap harinya. Selain faktor makanan ada faktor lain yang bisa memicu timbulnya penyakit ini, misalnya faktor mengedan terlalu kuat bila buang air besar. Kebiasaan mengedan sudah menjadi rutinitas seseorang bila ia melakukan tugas membuang “sisa makanan” dari perutnya. Kebiasaan ini menjadi hal yang wajib, tapi bila Anda melakukannya dengan emosi yang meluap-luap maka hal itu bisa menjadi bencana bagi Anda.

Kebiasaan pergi ke toilet untuk buang air besar belum pada waktunya juga bisa menjadi pemicu. Perlu diperhatikan apabila Anda belum merasa ingin buang air besar, sebaiknya Anda jangan memaksakannya, karena hal itu justru akan memicu terjadinya wasir.

Perdarahan yang Berasal dari Saluran CernaBagaimana Cara Berdiet yang Benar untuk Mencegah Terjadinya Wasir?

This entry was posted in Wasir. Bookmark the permalink.