Freezing of Gait (FOG) atau Gerakan Berjalan yang Tiba-tiba Berhenti

Gerakan berjalan yang tiba-tiba berhenti adalah suatu gejala umum pada parkinson tingkat lanjut – parkinson yang telah didiagnosis paling sedikit lima tahun. Gejala ini muncul pada 30% pasien parkinson tingkat lanjut, walaupun ini dapat juga muncul pada parkinson di tahap yang lebih awal dan mungkin merupakan salah satu gejala awal. FOG ditandai dengan “keragu-raguan untuk mulai” atau “kegagalan mengawali berjalan”, artinya ketidakmampuan untuk muali berjalan. FOG juga terjadi ketika Anda membalik, atau ketika Anda berpikir mengenai berbalik. Tiba-tiba Anda tidak dapat bergerak, kaki Anda tidak dapat bergerak, seolah-olah seperti kaki Anda dilem di lantai atau ditahan di sana oleh magnet, dan Anda membeku seperti sebuah patung – oleh karena itu namanya gerakan berjalan yang membeku. FOG dapat terjadi ketika Anda berada di pintu atau bhakan berpikir mengenai berjalan ke pintu, ketika Anda sampai di pinggir jalan atau berpikir mengenai sampai ke pinggir jalan. FOG mungkin dibarengi dengan anteropulsi (perasaan ada yang mendorong ke depan) atau retropulsi (perasaan ditarik ke belakang). Ini mungkin didahului dengan langkah-langkah pendek, kaki diseret. FOG sering disertai dengan ketidakstabilan postur, perasaan tidak seimbang. Umum untuk semua situasi yang mengakibatkan FOG adalah perubahan dalam panjang langkah Anda dan/atau kecepatan langkah Anda (atau pikiran mengenai mengubah panjang atau kecepatan langkah Anda). Seolah-olah And aingin melakukan sesuatu, tetapi kaki Anda tidak menginginkan apa yang Anda lakukan (atau pikirkan) dan kaki menolak untuk bergerak.

Memulai untuk berjalan seperti menjalankan mobil dengan menghidupkan mesin, menambah gas dan melepaskan rem. Dalam keragu-raguan untuk mulai, seolah-olah rem tidak bisa dilepaskan. Ketika membelok, mendekati pintu, atau berjalan dalam ruang yang berisi banyak orang, panjang langkah Anda dan/atau kecepatan langkah Anda harus diubah. Keadaan ini seperti kaki Anda angkat dari pedal gas dan menekan pedal rem. Pada FOG keadaannya seolah-olah rem Anda terkunci dan Anda tidak dapat melepaskannya. FOG mungkin dpaat dibantu, sebagian, dengan mempelajari “beberapa tipuan”, seperti menginjak dan melepaskan pedal rem beberapa kali agar Anda dapat mulai atau Anda dapat berjalan lagi. Di antara “tipuan” yang berhasil pada beberapa pasien dan yang diajarkan di Muhammad Ali Parkinson Clinic adalah sebagai berikut.

Ajari diri Anda sendiri untuk melangkah menginjak garis sebenarnya atau imajiner atau garis-garis di lantai agar diri Anda tetap berjalan. Entah bagaimana, garis-garis sejajar yang digambar di lantai, atau dibayangkan telah digambar di lantai, “menipu” kaki Anda untuk mengikuti otak Anda.

Bawalah senter laser, atau tongkat pendek yang dipasangi senter laser. Sorotkan sinar ke lantai dan injaklah sinar itu, berulang-ulang, agar membuat diri sendiri tetap berjalan. Catatan: tipuan ini tidak dapat dipakai kalau berjalan di tempat yang terkena sinar matahari.

Bawa tongkat biasa atau tongkat penopang untuk berjalan dan hentakkan tongkat ke lantai seirama dengan lagu yang Anda gumamkan sambil berjalan. Entah bagaimana, tipuan kombinasi visual dan auditori membuat kaki Anda melanjutkan berjalan bahkan ketika Anda mengubah panjang langkah dan/atau kecepatan.

Gumamkan suatu lagu, atau jentikkan jari-jari Anda, untuk mulai berjalan atau melanjutkan berjalan ketika Anda mengubah panjang langkah dan/atau kecepatan.

ucapkan frasa berulang-ulang seperti “Jalan, Jalan, Jalan,” atau “Belok, Belok, Belok,” untuk mulai berjalan atau untuk terus berjalan.

Bila FOG terjadi awal, sebelum Anda mulai minum obat anti-Parkinson, keadaan ini biasanya menjadi lebih baik ketika Anda menambah agonis dopamin (Mirapex, atau Neupro, atau Requip), penghambat MAO-B seperti Azilect atau Zelapar, amantadine, atau levodopa/carbidopa. Bila FOG terjadi setelah Anda mulai minum levodopa/carbidopa, maka tambahkan agonis dopamin, penghambat MAO-B, amantadine, entacapone (Comtan), atau tolcapone (Tasmar) mungkin membantu. Bila FOG muncul setelah mulai minum agonis dopamin, maka tambahkan penghambat MAO-B, amantadine, atau levodopa/carbidopa mungkin membantu.

Bila FOG muncul setelah Anda minum levodopa/carbidopa, cobalah untuk menentukan apakah itu terjadi ketika levodopa/carbidopa sedang bekerja atau ketika tidak. Di Muhammad Ali Parkinson Clinic, pasien yang menderita FOG diminta untuk datang di pagi hari, setelah mereka tidak minum levodopa/carbidopa selama paling sedikit 16 jam. Kami meneliti mereka dan menentukan sesering apa FOG muncul, kemudian berikan satu dosis levodopa/carbidopa dan memeriksanya setelah satu jam. Keadaan ini memungkinkan kami untuk menentukan pengaruh obat pada FOG. Mungkin kemudian merekomendasikan levodopa/carbidopa tambahan atau menambah entacapone atau tolcapone.

Apa Peran Lemak dalam Diet dari Penderita Parkinson? | Mengapa Terjatuh?

This entry was posted in Parkinson. Bookmark the permalink.