Fungsi Ginjal Manusia

Peran Penting Fungsi Ginjal

Peran ginjal terkadang sering diabaikan dengan organ-organ lainnya. Padahal ginjal mempunyai peran yang sangat vital bagi bekerjanya tubuh kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Begitu pentingnya sehingga manusia diberikan dua ginjal sebagai cadangan untuk menjaga kemungkinan bila salah satu ginjal rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Manusia tidak akan dapat bertahan hidup lebih lama apabila kedua ginjalnya berhenti bekerja.

Ada 8 fungsi ginjal, diantaranya sebagai berikut :

1. Pengeluaran sisa zat organik
Mengekskresi urea / ureum, asam urat, kreatinin dan produk penguraian hemoglobin dan hormon.

2. Pengaturan konsentrasi ion-ion penting
Mengekskresi ion natrium, kalium, kalsium, magnesium, sulfta, dan fosfat. Fungsi ginjal menjaga keseimbangannya dengan sistem ekskresi lain melalui kulit dan sistem pencernaan.

3. Pengaturan keseimbangan asam basa tubuh
Mengatur keasaman urin sesuai kebutuhan tubuh. Ginjal mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatnya, urin yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8.

4. Pengaturan produksi sel darah merah
Ginjal kita mempunyai peran yang sangat vital dalam memproduksi sel darah merah dalam darah melalui proses sekresi hormon yang dinamakan erythropoeitin. Sekitar 80 sampai 90 persen erythropoeitin diproduksi dalam ginjal. Erythropoeitin akan dikeluarkan apabila kadar oksigen dalam jaringan rendah, dan kemudian akan menuju ke sumsum tulang belakang yang menstimulasi pembuatan sel darah merah.

5. Pengaturan tekanan darah
Ginjal dan tekanan darah mempunyai keterikatan yang sangat kuat, dimana ginjal berfungsi untuk memonitor tekanan darah dan melakukan koreksi terhadap ketidakseimbangan tekanan darah. Apabila ginjal merasakan bahwa glomeruli tidak mendapatkan cukup aliran darah, maka ginjal akan mensekresi hormon yang dinamakan renin. Dengan dikeluarkannya renin menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah meningkat. Ginjal juga dapat meningkatkan tekanan darah dengan cara mengurangi pengeluaran garam dan air.

Di sisi lain, fungsi ginjal juga untuk menurunkan tekanan darah. Apabila tekanan darah naik maka ginjal dapat meningkatkan pengeluaran garam dan air, menurunkan volume darah serta menormalkan kembali tekanan darah.

Fungsi Ginjal

6. Pengaturan metabolisme tulang
Calcitriol yang diproduksi oleh ginjal, bertugas mengaktifkan vitamin D yang kita peroleh dari matahari. Dengan berkurang atau tidak adanya calcitriol karena penurunan fungsi ginjal menyebabkan dalam jangka panjang akan terjadi pengeroposan tulang.

7. Pengendalian terbatas terhadap konsentrasi glukosa dan asam amino darah
Fungsi ginjal bertanggung jawab terhadap konsentrasi nutrien dalam darah yang mengatur ekskresi glukosa dan asam amino berlebih.

8. Pengeluaran zat beracun
Mengeluarkan polutan, zat tambahan makanan, obat-obatan dan zat kimia asing lain.

Fungsi ginjal menunjang kelangsungan hidup manusia.

Stadium Penyakit Ginjal Kronik

This entry was posted in Penyakit Ginjal. Bookmark the permalink.