Gejala Wasir

Apa Saja Gejala Wasir?

Gejala wasir pada tingkat dasar dapat hanya berupa darah yang menetes pada saat buang air besar sampai timbulnya benjolan dari anus. Benjolan yang keluar dari anus tersebut bisa masuk secara spontan dengan sendirinya maupun dibantu tangan. Namun, dapat pula tak dapat masuk kembali dan memerlukan tindakan yang lebih invasif. Pada stadium lanjut, wasir perlu dioperasi. Bisa pula timbul keluhan gatal dan nyeri di anus.

Wasir terdiri atas 2 macam:

1. Wasir interna (wasir dalam)

Wasir dalam adalah pleksus hemoroidalis superior yang berada di atas garis mukokutan (ditutupi mukosa).

2. Wasir eksterna (wasir luar)

Wasir luar merupakan penonjolan pleksus hemoroid inferior. Terletak di bawah garis mukokutan pada jaringan di bawah epitel anus. Kedua pleksus hemoroid, yaitu interna dan eksterna berhubungan secara longgar.

Wasir sering kali disebabkan oleh pengeluaran tinja yang keras pada saat buang air besar. Tinja yang keras itu sulit dikeluarkan sehingga menyebabkan penekanan / trauma pada pleksus hemoroidalis.

Gejala-gejala yang dapat ditemukan pada wasir dalam, dibagi menjadi 4 derajat, yaitu:

Derajat 1

Adanya darah segar yang menetes saat buang air besar.

Derajat 2

Muncul benjolan dari anus saat buang air besar yang dapat masuk kembali dengan sendirinya.

Derajat 3

Muncul benjolan dari anus saat buang air besar yang perlu dibantu tangan untuk memasukkannya kembali.

Derajat 4

Muncul benjolan yang keluar dari anus saat buang air besar dan benjolan tersebut keluar lagi walaupun sudah dibantu dimasukkan dengan tangan.

Gejalanya pada wasir luar bisa berupa tonjolan kecil di sekitar anus, dan nyeri karena trombosis dari pembuluh darah (munculnya bekuan darah) di bawah kulit anus.

Penyebab Wasir | Komplikasi Wasir

This entry was posted in Wasir. Bookmark the permalink.