Jenis Makanan Diet Diabetes

Jenis Makanan Diet Diabetes

Nasi adalah karbohidrat biji-bijian. Gandum dan jagung juga merupakan biji-bijian. Kentang, ketela, dan sejenisnya, merupakan karbohidrat kelompok ubi-ubian. Semua itu adalah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk tenaga, dan semuanya akan menjadi gula. Anda tidak harus mengganti satu karbohidrat dengan karbohidrat yang lain, tetapi mengatur seberapa karbohidrat yang diperlukan, sesuai dengan keadaan kesehatan Anda.

Nasi, bubur, dan lontong, semuanya adalah karbohidrat. Sumbernya sama, yaitu beras. Bubur dan lontong lebih cepat diserap, indeks glikemiknya lebih tinggi, sehingga gula cepat naik. Beras berserat seperti beras merah lebih lama bertahan di saluran cerna, sehingga indeks glikemiknya lebih rendah. hal yang seruap juga pada roti. Pilihlah roti gandum daripada roti putih.

Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin dan mineral, serta baik untuk pasien diabetes. Dimakan dengan mengunyah lebih baik daripada dibuat jus, karena pasien diabetes perlu serat yang banyak. Jus lebih mudah diserap sehingga gula darah cepat naik. Sebentar saja sudah lapar dan akhirnya Anda ngemil lagi. Serat di jus banyak berkurang dibandingkan dengan bentuk buah aslinya.

Sayuran bukan saja penting untuk pasien diabetes, tapi orang yang tanpa sakit diabetes pun menjadi sehat bila sering makan sayuran. Sayuran membuat kenyang, sehingga Anda tidak makan dalam porsi yang berlebihan. Buang air besar menjadi lancar, resiko sembelit, wasir, dan penyakit divertikulosis (kerusakan dinding usus besar) juga berkurang. Bahkan, orang yang setiap hari mengkonsumsi sayur sangat jarang mengalami kanker usus. Jika Anda suka makan sayur, kolesterol bisa turun, kemungkinan terkena penyakit jantung juga menjadi jarang.

Buah mengandung fruktosa, sama dengan gula. Pilihlah yang kadar gulanya rendah, serta indeks glikemiknya lebih kecil. Apel banyak sertanya, sedangkan jeruk walaupun kalorinya sama, tetapi mudah diserap sehingga indeks glikemiknya lebih tinggi. Anda cukup mengunyah satu apel sudah kenyang, sedangkan makan tiga jeruk baru terasa perut penuh, akibatnya gula darah lebih tinggi. Pisang adalah buah yang mengandung zat pati, sehingga kadar gulanya lebih tinggi.

Pemanis pengganti gula itu ada dua macam. Pertama, yang masih mengandung kalori. Kedua, yang kalorinya sangat kecil sehingga dianggap tidak berkalori. Sakarin dan aspartam termasuk kelompok kedua, tanpa kalori. Boleh dikonsumsi, tapi jangan kelewat batas. Ada laporan kanker kandung kemih lantaran kebanyakan sakarin. Kalau sebelumnya punya penyakit phenylketonuria (PKU), penyakit yang sangat jarang, aspartam bisa berubah meracuni tubuh.

Makanan khusus, suplemen, atau hidangan yang dijual di toko-toko, yang menyebut dirinya makanan rendah gula (low sugar) atau bebas gula (sugar free) adalah makanan yang masih mengandung sejumlah kalori, ketika diserap usus kemudian masuk peredaran darah, tetap akan terbentuk sejumlah glukosa atau gula. Jadi, yang lebih penting bagi Anda adalah menghitung seberapa kalori yang dibutuhkan, terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak;  mengatur jenis karbohidrat yang masuk pada jam makan yang teratur, sesuaikan dengan keadaan gula darah Anda. Pilihlah yang lebih banyak serat dan yang indeks glikemiknya lebih rendah.

Menikmati makanan kecil atau ngemil tidak dilarang, asalkan pada waktu yang tepat, jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan, serta bisa memilih jenis kudapan yang kalorinya lebih kecil. Makanan kecil sebenarnya tidak harus ada, kecuali kalau Anda aktif bergerak, banyak berolahraga, pada usia anak atau remaja yang sedang bertumbuh, serta seorang ibu yang sedang hamil atau menyusui. Waktu untuk menikmati makanan kecil harus teratur, bisa satu, dua, atau tiga kali dalam sehari. Bisa antara makan pagi dan makan siang, kemudian antara makan siang dan makan malam, dan sebelum tidur pada malam hari. Menikmati snack terlalu sering tiada henti akan merusak kinerja insulin. Supaya bisa kenyang tetapi tidak mau menambah ekstra kalori, buah segar adalah kudapan pilihan yang paling baik.

Alkohol sebenarnya mengandung karbohidrat dan kalori, gula bisa naik. Pengaturan gula darah menjadi lebih sulit apabila Anda mengkonsumsi alkohol. Pecandu alkohol yang berhenti minum bisa mengalami hipoglikemia. Sebaliknya, alkohol menghambat hati melepaskan glukosa ke darah, sehingga kadar glukosa darah bisa turun. Bila Anda mengkonsumsi obat diabetes atau suntik insulin, maka hipoglikemia bisa timbul akibat alkohol. Oleh karena itu, batasi minum alkohol, atau jangan minum alkohol pada saat perut kosong dan gula darah Anda sedang turun.

Diet Diabetes (2)

This entry was posted in Diabetes. Bookmark the permalink.