Manfaat Lain Air Putih

Berikut 10 contoh dari manfaat air putih yang mungkin dapat kita jadikan acuan saat kita tergiur untuk banyak mengonsumsi minuman di luar dari air putih.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Mengonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Perawatan Kecantikan

Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

3. Untuk kesuburan

Konsumsi air putih ternyata dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Menurut hasil penelitian dari sebuah lembaga riset thrombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.

Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu, jaringan kulit akan membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak. Nah, buat yang malas mandi pagi atau bahkan malas mandi, maka harus mulai diubah kebiasaannya.

4. Efek Relaksasi

Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh akan terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan mendatangkan ion-ion negatif yang berkhasiat bagi kesehatan. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang saling berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja, jika kita mengalami ketegangan otot maka keluhan itu juga dapat diredakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal, kita juga sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat yang dicampur sedikit garam. Nah, jika Anda memiliki shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Konon, shower juga bisa menghasilkan ion negatif.

5. Tubuh Lebih Bugar

Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja, tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin dapat bertahan hidup saat kekerungan makan selama beberapa hari, tapi kita akan langsung mati jika kekurangan air. Hal ini disebabkan air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

6. Penyeimbang Tubuh

Jika jumlah air dalam tubuh menurun, maka fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan tubuh menjadi lebih mudah terserang oleh bakteri dan virus. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme alamiah dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2 – 2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti kuah sup, soto), minuman seperti susu, teh, kopi, dan sirup. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

7. Memperbaiki Kemampuan dan Daya Tahan Tubuh

Kita akan mampu bekerja lebih keras / berat bila mendapatkan air yang cukup. Sebagai tambahan, air dapat memperkuat daya tahan tubuh kita. Hal ini karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat kita bekerja.

8. Menahan Lapar

Rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus. Sewaktu kita mengalami dehidrasi (kekurangan air), kita mungkin merasa ingin makan padahal yang kita butuhkan sebenarnya adalah air. Kita juga dapat memanfaatkan efek rasa kenyang dari minum air ini untuk mencegah makan berlebihan.

9. Senjata Ampuh Melawan Masuk Angin atau Pilek

Antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek. Daya tahan ini akan melemah apabila kita dihidrasi (kekurangan air) karena akan menyebabkan lendir mengering. Sebagai catatan, banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk.

10. Pelembab Wajah Paling Ampuh

Minum banyak air putih diyakini akan membantu menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit kita serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah.

11. Menangkal Rasa Letih Akibat Melakukan Perjalanan

Udara panas selama perjalanan dapat menyebabkan dehidrasi yang akan menimbulkan rasa letih pada saat dan setelah perjalanan. Minumlah banyak air sebelum melakukan perjalanan dan satu gelas tiap jam selama perjalanan agar kita terhindar dari dehidrasi.

12. Sakit Punggung

Air juga membantu mengatasi sakit punggung. Piringan di punggung kita terbuta dari tempurung luar jaringan persendian yang fleksibel dan penuh dengan kantung-kantung cairan. Sebagian besar cairan ini adalah air. Selama kantung-kantung ini penuh, maka mereka akan tetap mendukung tempurung luar dengan benar. Dengan begitu, tempurung-tempurung ini akan membantunya menyerap berat dari tubuh bagian atas.

Saat bergerak, tekanan ditarik dan dilepaskan pada piringan tergantung dari tipe gerakan. Gerakan ini menimbulkan daya isap yang memungkinkan cairan dalam tubuh memasuki piringan tersebut. Dengan begitu, kadar cairan pada piringan akan tetap terjaga.

Air Putih dan Problem Seksual (3) | Testimonial Purtier Placenta

This entry was posted in Air untuk Terapi. Bookmark the permalink.