Meditasi Membantu Mengobati Migrain dan Stres

Tak diragukan lagi Anda pasti pernah mendengar mengenai meditasi, dan mungkin pernah mempelajari berbagai teknik meditasi. Mari kita tinjau ulang mengenai pentingnya belajar meditasi sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi gejala-gejala emosi dan fisik yang berkaitan dengan migrain. Seringkali orang-orang berpikir meditasi sebagai semacam praktik mistis, di mana orang akan mengosongkan pikirannya dari semua hal. Atau sebagian lagi berkata pada diri mereka, “Saya tidak akan pernah bermeditasi” atau “Saya tidak punya pelatihan spiritual untuk melakukan itu”. Ada berbagai konsepsi yang salah mengenai meditasi. Meskipun meditasi telah berlangsung sejak zaman kuno dan diawali dari praktik religius, namun dapat dipraktikkan diluar konteks religius atau filosofis dan berguna dalam meningkatkan perhatian sebagai perawatan terapetik.

Semakin banyak penelitian meditasi yang kini didokumentasikan untuk manfaat pengobatan dalam kondisi seperti sakit kepala, sakit kronis, gangguan daya tahan tubuh, depresi, kecemasan, stres, sakit jantung dan kanker. Dalam beberapa tahun terakhir. meditasi semakin populer dalam budaya popular, juga dalam layanan kesehatan sebagai sebuha metode yang sangat efektif untuk membangun kondisi fisik daan emosional yang rileks, dan juga mempelajari cara efektif untuk memberi perhatian pada pikiran dan tubuh. Dalam melakukan ini, meditasi sangat berguna untuk mempelajari pengaturan tubuh terhadap aktivitas emosional dan fisik yang seringkali dikaitkan dengan migrain juga dengan stres dalam kehidupan sehari-hari. Setelah digabungkan sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, meditasi memiliki potensi yang menyediakan Anda manfaat terhadap pikiran dan tubuh yang menyenangkan dan tahan lama.

Meditasi mungkin dipahami secara umum, sebagai salah satu cara untuk memberi perhatian pada diri sendiri (tubuh dan pikiran) pada suatu waktu tertentu. Ini juga merupakan sebuah metode yang mempromosikan kondisi rileks fisik dan emosi yang bermanfaat. Namun demikian, sebagai tambahan dari berbagai manfaat yang luas untuk kesehatan secara umum, dan untuk mengurangi gejala yang terkait dengan beragam penyakit, meditasi sangat unik yang akan memperkenalkan cara yang bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap proses emosional dan fisik. Meditasi menciptakan kondisi rileks sekaligus waspada terhadap perhatian dimana Anda mengobservasi semua hal yang terjadi dalam waktu saat itu sebagaimana adanya. Juga termasuk berbagai pemikiran yang ada di dalam pikiran Anda, sensasi dalam tubuh, juga emosi yang mungkin Anda rasakan. salah satu konsepsi yang salah adalah meditasi menghasilkan pemikiran yang kosong. Sebenarnya, meditasi adalah belajar untuk kewaspadaan dalam memupuk pemikiran yang penuh, mengenaio apa yang terjadi pada tubuh dan pikiran saat itu. Dengan mengetahui kejadian yang terjadi dalam pikian dan tubuh melalui cara itu, Anda dapat memperoleh perspektif baru, mengenai bagaimana Anda bereaksi terhadap stres secara emosional dan fisik. Meditasi juga merupakan sebuah metode yang sangat bagus untuk mengubah persepsi Anda mengenai rasa sakit. Meditasi adalah seni dalam memfokuskan perhatian. Dengan memberi perhatian pada saat tertentu, Anda dapat menikmati berbagai manfaat kesehatan dengan luas setelah Anda membangun kondisi emosi yang stabil, tenang dan repsons yang nonreaktif terhadap kejadian penuh tekanan.

Meditasi biasanya melibatkan fokus perhatian terhadap satu objek seperti pernapasan, gambar, atau suara, kata-kata atau frasa, juga dikenal sebagai mantra. Sementara fokus perhatian Anda terhadap sebuah objek seperti sebuah kata atau pernapasan, Anda akan mengetahui bahwa pikiran Anda akhirnya akan menuju munculnya pemikiran, emosi dan sensasi tubuh. Ketika Anda menjadi waspada bahwa perhatian Anda berubah pada pemikiran emosi atau sensasi fisik yang lain daripada fokus objek Anda, maka dengan perlahan akan membawa kembali perhatian Anda pada fokus objek sebelumnya. Hal ini dilakukan tanpa penilaian diri. Hanya cukup mengakui bahwa Anda telah melayang untuk berpikir tentang pekerjaan, mungkin perasaan tentang anggota keluarga, atau mungkin rasa tak nyaman pada tubuh Anda. Dengan perlahan-lahan ulang proses memfokuskan perhatian tersebut dan kembali pada pernapasan (atau kata yang dipilih) terus menerus sebagai pengembaraan perhatian Anda. Proses dari pengembaraan pikiran dan kembali pada objek yang menjadi fokus merupakan proses meditasi.

Meditasi penuh kesadaran, juga dikenal sebagai meditasi berwawasan, menanamkan kesadaran waktu ke waktu mengenai pemikiran, emosi dan sensasi fisik yang secara konstan meningkat dan masuk ke dalam kesadaran Anda. Orang yang bermeditasi juga diajarkan untuk waspada terhadap semua pikiran perasaan, persepsi, gambaran, bau, suara dan sensasi yang timbul secara konstan dalam pikiran tanpa terpaut, terhubung atau reaktif terhadap salah satu hal tersebut secara khusus. Sebagaimana pemikiran, perasaan dan sensasi datang dan pergi, Anda juga tidak dimaksudkan untuk mengabaikan atau menekannya, sebaliknya untuk menilai atau menelitinya. Ketika pikiran Anda menuju pada sebuah pemikiran, perasaan atau sensasi tubuh, Anda hanya perlu membuat catatan dalam pikiran Anda dan kembali pada pernapasan dan proses menilai semua hal yang terkadi pada saat itu. Proses meningkatkan kesadaran terhadap emosi, pemikiran dan sensasi fisik saat terjadi dari waktu ke waktu akan semakin mudah bagi Anda, sehingga memungkinkan Anda semakin tidak reaktif dalam kejadian penuh tekanan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dr. Jon Kabat-Zinn, yang menulis buku yang sangat bagus dan sangat direkomendasikan berjudul “Full Catastrophe Living” menggambarkan kondisi ini seperti “… pengamatan dalam membedakan apa yang terjadi pada saat itu adalah ciri khas kesadaran dan tidak seperti bentuk lain kebanyakan meditasi. Tujuan dari kesadaran adalah untuk Anda lebih waspada, terhubung dengan kehidupan dan apa saja yang terjadi pada tubuh dan pikiran Anda saat itu terjadi … yaitu saat ini”.

Meditasi telah diajarkan pada ribuan penderita migrain dan sakit kepala dengan hasil yang sangat positif di seluruh negara pada berbagai pusat medis dan rumah sakit.

Teknik Relaksasi Membantu Pengobatan Migrain | Biofeedback Membantu Dalam Pengobatan Migrain

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.