Mencegah Batu Ginjal

Cara Mencegah Batu Ginjal

Tangkis Batu Ginjal dengan Sayur, Buah, dan Makanan Rendah Garam

Para peneliti telah menemukan alasan lain untuk menjalani diet sehat, yaitu untuk mencegah batu ginjal. Diet sehat mencakup banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak dan biji-bijian. Diet sehat membatasi asupan garam, daging merah dan daging olahan, serta mengurangi minuman yang manis merupakan cara efektif untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Penemuan ini memberikan dampak positif dalam hal kesehatan mengingat adanya kaitan antara batu ginjal dengan tingginya kasus hipertensi, diabetes, peningkatan berat badan, dan faktor-faktor resiko lainnya untuk penyakit jantung.

Cegah Batu Ginjal Sayur Buah

Berikut tips dalam mencegah terjadinya batu ginjal :

1. Perbanyaklah minum air putih agar air seni lancar. Ketika berada di ruangan ber-AC, perbanyak minum air putih walaupun tidak haus. Tinggal di daerah  tropis ataupun bekerja di suhu panas misalnya di kamar mesin perlu banyak minum terutama air putih untuk mengganti keringat yang dihasilkan. Kurangnya minum, banyaknya keringat menyebabkan pengendapaan zat-zat dalam urin sehingga mempermudah pembentukan batu slauran kemih. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari.

2. Hindari minum atau memasak menggunakan air yang kandungan kapurnya tinggi. Kapur di dalam tubuh bisa membentuk batu.

3. Jika menderita penyakit gout dan hiperparatiroid segera atasi. Kedua penyakit itu meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

4. Lakukan olahraga rutin dengan tujuan agar metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik. Idealnya, lakukan olahraga dua hari sekali. Pilihlah jenis olahraga yang disukai dan lakukan sesuai kemampuan, jangan dipaksakan.

5. Jangan duduk terlalu lama saat bekerja. Posisi tersebut mempermudah terjadinya pengendapan kristal air seni yang kemudian membentuk batu. paling tidak, dua jam sekali bangkitlah dari duduk dan berjalan-jalan sebentar.

6. Bila terasa ingin membuang air seni sebaiknya segera lakukan. Sangat tidak disarankan untuk menahan air seni, karena kristal-kristal tersebut bisa mengendap membentuk batu ginjal.

7. Hindari makanan yang mengandung kalsium tinggi, seperti susu dengan kalsium tinggi. Begitu juga dengan makanan yang mengandung purin tinggi, seperti jeroan, emping, dan brokoli. Dan kurangi konsumsi kacang-kacangan, coklat, soda dan teh.

Gejala Batu Ginjal

This entry was posted in Penyakit Ginjal. Bookmark the permalink.