Mengapa Pusing?

Pusing biasanya terjadi dalam parkinson karena hipotensi ortostatik atau postural (turunnya tekanan darah saat duduk atau berdiri). Untuk memahami mengapa tekanan darah Anda turun, Anda harus memahami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Otak dan jantung Anda memerlukan aliran darah yang konstan, hasil kerja jantung yang konstan, dalam kondisi apapun : berbaring, duduk, dan berdiri. Otak Anda memerlukan 30% darah yang dipompa dari jantung, dan jantung Anda memerlukan sekitar 20%. Bila tidak mendapat bagian sebesar 30%, otak Anda berhenti bekerja dan Anda pingsan.

Kita tidak dapat dengan mudah mengukur aliran darah, tetapi kita dapat mengukur tekanan darah. Ketika usia Anda bertambah, arteri Anda menjadi lebih sempit dan tahanan di dalamnya meningkat. Untuk mempertahankan 30% aliran darah ke otak, tekanan darah harus dinaikkan untuk mengimbangi tahanan arteri yang meningkat. Pada parkinson, hipotensi ortostatik diakibatkan oleh ketidakmampuan dari sistem saraf otomatis (SSO) untuk mempersempit arteri ketika Anda duduk atau berdiri. Hipotensi ortostatik terjadi dalam sekitar 20% pasien parkinson, dan hampir semua pasien dengan MSA.

Ketika Anda berbaring, kepala dan jantung berada di ketinggian yang sama, jadi jantung tidak harus bekerja keras untuk memompa darah ke otak. Ketika Anda duduk, kepala berada di atas jantung, dan jantung harus bekerja lebih keras. Jantung Anda bekerja lebih keras dengan berdenyut lebih cepat, dan juga pembuluh darah Anda menyempit. Akan tetapi, bila Anda tidak dapat menyempitkan pembuluh darah atau jantung tidak dapat berdenyut lebih cepat – otak Anda akan memperoleh darah lebih sedikit dan akan merasa pusing atau hilang kesadaran. Demikian juga, ketika berdiri setelah duduk, cairan (setara dengan dua unit darah) didistribusi ulang dari dada dan perut ke tungkai. Untuk mengakomodasi volume distribusi yang lebih besar, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke otak. Sekali lagi, jantung bekerja lebih keras dengan berdenyut lebih keras dan menyempitkan pembuluh darah Anda.

Mengapa Terjatuh? | Mengapa Sulit Menelan?

This entry was posted in Parkinson. Bookmark the permalink.