Mengapa Terjatuh?

Jatuh atau hilang keseimbangan terjadi pada penderita parkinson dan dapat menyebabkan cedera berat: tulang retak atau patah di bahu, pinggul, pergelangan kaku, dan bahkan tengkorak. Untuk mengurangi jatuh, akan membantu untuk memahami mengapa Anda kehilangan keseimbangan dan jatuh. Jatuh akibat dari ketidakstabilan postur atau kehilangan “refleks mengembalikan keseimbangan”: kemampuan untuk mengoreksi diri sendiri dan mengambil tindakan untuk mencegah jatuh. Jadi, bila Anda tersandung atau terdorong, saat Anda menyadarinya, refleks mengembalikan keseimbangan akan mengubah posisi kepala, leher, badan, lengan dan tungkai sehingga Anda terhindari dari jatuh atau menyediakan penopang diri sendiri bila Anda memang jatuh.

Refleks mengembalikan keseimbangan akan menyadarkan posisi Anda yang berubah (rasa “jatuh dalam ruang”) oleh sensor di kaki Anda (rasa posisi), telinga bagian dalam, dan oleh mata Anda. Informasi yang menyadarkan dari kaki dan telinga bagian dalam merambat ke bagian otak yang disebut talamus. Mata Anda kurang penting untuk mengembalikan keseimbangan daripada sensor di kaki atau yang ada di telinga bagian dalam. Jadi, seorang buta dapat menegakkan diri sendiri dan tidak jatuh setelah dia tersandung. Orang yang sensor di kaki atau telinga bagian dalamnya rusak, kecil kemungkinan untuk memperbaiki keseimbangan dan lebih besar kemungkinan jatuh setelah tersandung. Informasi yang dikirimkan ke talamus ditindaklanjuti, membuat serebelum Anda dapat mencoba menghindari jatuh dengan memerintahkan beberapa penyesuaian cepat dalam tonus otot. Pada pasien parkinson, penyesuaian ini mungkin tidak cukup cepat untuk mencegah jatuh.

Pada parkinson, karena berkurangnya kemampuan untuk mengembalikan keseimbangan diri saat Anda tersandung dan menurunnya kemampuan untuk mempertahankan keseimbangan saat Anda berdiri, saran di bawah ini mungkin bermanfaat.

Hindari salju, es, permukaan yang basah, atau licin. Ketika Anda terpeleset di atas es, perubahan posisi badan Anda lebih cepat daripada ketika Anda tersandung di permukaan yang kering. Pesan yang menyampaikan perubahan posisi Anda mencapai serebelum dan talamus Anda lebih cepat dan waktu Anda untuk bereaksi lebih pendek, sehingga besar kemungkinan Anda jatuh.

Hindari permukaan yang tidak rata atau berbukit-bukit – Ini mengakibatkan posisi sensor di kaki dan telinga bagian dalam Anda menghujani nuklei vestibular Anda dengan pesan, bertubi-tubi, masing-masing menyampaikan perubahan arah, posisi, atau kecepatan gerak dari tungkai Anda. Hujan pesan ini mungkin melebihi kemampuan Anda memberikan respons dan lebih besar kemungkinan Anda jatuh.

Hindari berjalan dalam gelap. Otak Anda juga merasakan lingkungan lewat mata Anda. Dalam gelap, Anda tergantung pada posisi sensor di kaki dan telinga bagian dalam; keduanya adalah sistem “alternatif dalam keadaan darurat”. Bila, seperti yang mungkin terjadi, salah satu dari sistem ini tidak berfungsi, kemungkinan besar Anda jatuh dalam gelap.

Freezing of Gait (FOG) atau Gerakan Berjalan yang Tiba-tiba Berhenti | Mengapa Pusing?

This entry was posted in Parkinson. Bookmark the permalink.