Penyakit yang Menyerupai Gout

Setelah ngobrol cukup lama, Kang Asep teringat akan kakaknya yang sering mengeluh sakit nyeri pada sendi tanggannya. Namun, kakaknya selalu mengatakan bahwa ia menderita rematik. hemm.. makhluk apa rematik ini? Kang Asep pun tak menyia-siakan pertemuannya dengan Dokter Joewono dengan menanyakan penyakit kakanya itu.

01 : Kata Dokter, asam urat termasuk penyakit rematik. Nah, apakah memang ada penyakit rematik lain, Dok?

Betul. Gout termasuk penyakit rematik. Penyakit rematik adalah penyakit yang menyerang sistem penyangga tubuh, termasuk dalam penyakit ini , ada dua jenis. Jenis pertama, adalah jenis yang berasal dari dalam tubuh. Jenis ini bisa disebabkan sel-sel kekebalan menyerang sel-sel tubuh sendiri sehingga disebut autoimun disease. Misalnya, artritis rheumatoid. Selain itu, bisa juga disebabkan proses penuaan atau degenerative disease, misalnya osteoartritis.

Penyakit Rematik
* Dari dalam tubuh
– Autoimun
– Degeneratif
* Dari luar tubuh
– Dapatan

Penyakit rematik bukan hanya encok dan pegal linu. Penyakit rematik dapat disebabkan autoimun, penyakit degeneratif, dan faktor dari luar.

Jenis rematik yang kedua adalah jenis yang disebabkan oleh faktor dari luar. Jenis ini disebut acquired disease atau penyakit dapatan. Misalnya artritis gout.

A. Penyakit Autoimun Yang Menyerupai Gout

02 : Saya pernah mendengar istilah artritis rema. Itu, penyakit apa dokter?

Artritis rema atau artritis rheumatoid adalah penyakit yang disebabkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh yang berlebihan sehingga memakan sel-sel tubuh sendiri. Sel-sel tubuh dianggapnya musuh. Gejalanya juga ditandai dengan peradangaan. Seringkali proses radangnya lebih hebat dibandingkan radang gout. Penyakit ini bisa dialami oleh mereka yang berusia muda. Oleh karena artritis rheumatoid ini merupakan autoimune disease maka sandi yang terkena pada umumnya simetris, yakni pada kedua sisi kanan dan kiri. Pada penderita ini, tidak ditemukan adanya peningkatan asam urat dalam darah dan urine.
*Artritis rheumatoid merupakan penyakit autoimun. Penampakan fisik antara gout dan artritis rheumatoid tidak jauh berbeda.

03 : Pangkal ibu jari tetangga saya juga merah seperti saya. Apakah ia juga terserang gout?

Belum tentu. Menderita gout ya sesuai ciri-ciri yang sudah dibahas sebelumnya. Bengkak merah dilokasi yang sama dengan persendian gout bisa disebabkan hal lain. Misalnya terbentur, terkilir, atau karena infeksi sendi. Oleh karena itu, dari pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penujang seperti laboratorium atau foto rotgen bisa diketahui, penyebab bengkak tersebut karna gout atau bukan.

B. Penyakit Degeneratif Yang Menyerupai Gout

04 : Kakek saya dari dulu sering mengeluh rasa nyeri di persendian. Apa itu Gout?

Gout memang mempunyai ciri salah satunya nyeri persendian . Namun, tidak semua nyeri persendiaan adalah gout. Pada orang tua, seperti kakek Kang Asep, keluhan nyeri sendi harus ditanya lebih mendalam lagi tidak serta merta dinyatakan sebagai gout. Mudahnya, bedakan keluhan nyeri persendiaan itu dalam tiga hal, yaitu usia penderita; lokasi nyeri di bagian sendi yang mana; dan rasa nyerinya muncul dengan atau tanpa sebab, dan berlangsung mendadak tanpa gejala atauukah dirasakan sejak lama dengan gejala.

Nyeri sendi pada orang berusia lebih dari 40 tahun dapat disebabkan penyakit gout atau osteoartritis. Gout disebabkan oleh penumpukan asam urat pada sendi, lokasinya lebih sering di persendian ujung jemari, dan serangan nyerinya muncul tiba-tiba. Osteoartritis, disebut juga pengapuran sendi, disebabkan oleh proses penuaan pada sendi. Proses penuaan menjadikan jaringan lunak yang menjadi bantalan semakin tipis karena tidak lagi diproduksi dalam jumlah cukup. Cairan sendi, yang disebut sebagai cairan sinovial, adalah pelumas sendi. Cairan ini juga semakin berkurang karena proses penuaan. Pada akhirnya, rasa nyeri terjadi karena tulang sendinya saling bergesekan satu sama lain.
*prbrdaan antara sendi normal dan osteoartritis. pengapuran sendi pada osteoartritis menyebabkan tulang semakin tebal dan ruang sendi semakin sempit sehingga memungkinkan terjadinya gesekan pada tulang. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri.

Osteoartritis seringkali terjadi pada sendi-sendi penyangga berat badan, seperti sendi lutut, sendi panggul, sendi tulang belakang, dan kadang sendi siku. Sendi-sendi penyangga berat badan ini mendapat beban dari tubuh yang menimbulkan tekanan pada tulang antarsendi. Tulang-tulang ini bergesek sehingga terjadilah nyeri. Nah, karena osteoartritis disebabkan oleh proses penuaan  maka kejadiannya tidak serta merta muncul, melainkan perlahan-lahan. Nyeri yang diderita juga relatif lebih lama. Inilah yang membedakan osteoartritis dengan gout (nyeri muncul sangat mendadak dan terjadi di sendi-sendi  ujung jemari kaki maupun tangan)

– Perbedaan Artritis Gout dan Osteoartritis

* Penyakit asam urat pada sendi ( artritis gout)
usia tua, >40th
lokasi sendi ujung jemari
kualitas nyeri mendadak
muncul tanpa sebab, istirahat hanya membawa perbedaan sangat kecil
* Pengapuran sendi (osteoartritis)
usia tua , >40
lokasi di sendi penyangga berat tubuh (panggul, lutut, ruas tulang belakang)
muncul perlahan hingga menahun
terlalu banyak beraktivitas, cenderung membaik dengan istirahat.

05 : Apa beda gout dengan tulang keropos, Dok?

Seperti perbedaan lainnya, tiga perbedaan mendasar yang perlu diingat adalah penyebab, lokasi, dan waktu.Gout disebabkanpeningkatan kadar asam urat. Umumnya, terjadi di sendi, dan seringkali gejalanya muncul tiba-tiba.

Tulang keropos atau osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang berkurang akibat kekurangan bahan penyusun, seperti kalsium Tulang yang mengalami hal ini terutama yang berada dipangkal paha, lengan bawah, atau tulang pinggang. Osteoporosis terjadi secara perlahan-lahan. Selain itu, jarang sekali osteoporosis menimbulkan rasa nyeri.

06 : Dokter, nenek saya pernah patah tulang, padahal beliau tidak pernah mengalami kecelakaan. Mengapa bisa terjadi?

Ya allah, kasihan sekali nenek Kang Asep. Nah, itu salah stu gejala osteoporosis. suatu saat bisa, bisa terjadi patah tulang tanpa terbentur atau kecelakaan di tempat yang telah saya sebutkan tadi (pangkal paha, lengan bawah, atau tulang pinggang). dengan mendengar cerita Kang Asep, kemungkinan beliau menderita osteoporosis. proses penyembuhannyapun memakan waktu lama. Karena struktur tulang orang tua lebih sulit bergenerasi atau memperbaiki diri sendiri dibandingkan dengan anak-anak.

C. Gout Bukan Infeksi Tulang

07 : Apa beda flu tulang dengan gout, dokter? Penderita flu tulang juga merasakan nyeri.

Kedua penyakit sma-sama merasakan nyeri, tapi lokasi nyerinya berbeda. Sangat berbeda. Flu tulang merupakan istilah umum. Istilah medisnya chikungunya. Chikungunya itu seperti demam berdarah, tapi gejalanya mengenai tulang. Nyamuk pembawanya juga masih satu keluarga dengan demam berdarah, yakni nyamuk aedes. Serangan chikungunya ditandai gejala demam yang naik turun dengan selang sehari disertai nyeri hampir diseluruh tulang, terutama tangan dan kaki. chikungunya banyakterdapat didaerah yang lembap, umumnya di pemukiman penduduk dekat hutan atau rawa-rawa.
Penderita chikungunya biasanya tidak dapat menujukan lokasi nyrinya secara tepat (spesifik). yang dirasakan hanya nyeri dan nyeri hampir merata di semua tulang tangan dan kaki. rasa nyeri tersebut sangat berbeda dengan nyeri gout(lihat uraian di atas).

D. Pseudogout

08 : Apakah gout selalu disebabkan adanya penumpukan kristal-kristal asam urat?

Tentu saja. Gout memang disebabkan penumpukan asam urat. Ada yang juga yang disebut pseudogout atau gout palsu, yakni adanya penumpukan kristal kalsium oksalat dalam sendi. Keduanya sama-sama terjadi pengendapan kristal dalam sendi, tapi jenis kristalnya yang berbeda, penyebabnya berbeda, dan terapinya pun berbeda..
*Lokasi terjadinya pseudogout sangat mirip dengan gout. Pseudogout disebabkan adanya penumpukan kristal kalsium oksalat.

Pemeriksaan Gout dan Hiperurisemia | Pencegahan dan Pengobatan Gout dan Hiperurisemia

This entry was posted in Asam Urat. Bookmark the permalink.