Penyebab Gagal Ginjal (Bagian 8)

Penyebab Gagal Ginjal dari Segi Penyakit

Ini lanjutan dari post sebelumnya dan merupakan bagian keempat dari penyebab gagal ginjal berdasarkan penyakit yang diderita seseorang :

AIDS

HIV-associated nephropathy atau HIVAN (HIV terkait gangguan ginjal) lebih sering terjadi pada ras Afrika-Amerika, sedangkan di Indonesia masih belum jelas datanya. Penggunaan beberapa obat yang dipakai untuk terapi HIV juga dapat menyebabkan gangguan ginjal (beresiko menjadi penyebab gagal ginjal), kurang lebih 30% kasus. HIVAN terjadi saat virus HIV menginfeksi masuk ke dalam ginjal, sehingga terjadi gangguan fungsi ginjal, pada kasus ini pasien mendapatkan kombinasi terapi anti-HIV untuk menekan perkembangan virus dan pada banyak kasus fungsi ginjal dapat kembali membaik. Dapat pula diberikan alternatif kombinasi obat ataupun penyesuaian dosis.

Malaria

Plasmodium falciparum penyebab malaria tropika banyak menyebabkan komplikasi dan mudah kambuh. Plasmodium malariae penyebab malaria quartana cukup jarang tapi dapat menyebabkan kerusakan ginjal akut (penyebab gagal ginjal). Gangguan ini disebabkan pula oleh sumbatan aliran darah ginjal oleh sel darah merah yang rusak sehingga sistem penyaringan ginjal terjadi kegagalan sehingga racun tidak dapat dibuang.

Blackwater fever yang sering terjadi pada infeksi Plasmodium Falciparum yang berulang dan pengobatan yang tidak mencukupi, merupakan gabungan gejala yang terdiri dari serangan akut, menggigil, demam, hemolisis (pecahnya sel darah) di dalam pembuluh darah, urin berwarna merah dan gagal jantung akibat kerusakan tubulus.

Kanker Ginjal

Penyebab Gagal Ginjal Kanker Ginjal

Kanker ginjal berkembang paling sering pada orang-orang yang berumur 40 tahun keatas, namun tidak seorang pun mengetahui penyebab-penyebab yang pasti dari penyakit ini.

Studi-studi telah menemukan faktor-faktor resiko yang berikut untuk kanker ginjal :

* Kegemukan
Orang-orang yang kegemukan mempunyai suatu resiko yang meningkat untuk kanker ginjal.

* Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko kanker ginjal.

* Merokok
Merokok sigaret adalah suatu faktor resiko utama. Perokok sigaret adalah dua kali lebih beresiko daripada bukan perokok untuk mengembangkan kanker ginjal. Merokok cerutu juga mungkin meningkatkan resikonya.

* Jenis kelamin
Laki-laki lebih beresiko daripada perempuan.

* Pekerjaan
Resiko tinggi pada yang terpapar beberapa bahan kimia di tempat pekerjaan. Pekerja industri besi dan baja, juga yang terpapar asbes atau kadmium.

* Von Hippel-Lindau (VHL) syndrome
VHL adalah suatu penyakit yang jarang beredar pada beberapa keluarga. Disebabkan oleh perubahan-perubahan dalam gen VHL. Suatu gen VHL yang tidak normal (abnormal) meningkatkan resiko kanker ginjal. Juga dapat menyebabkan kista-kista (cysts) atau tumor-tumor di mata, otak, dan bagian-bagian lain tubuh. Anggota-anggota keluarga dari mereka yang dengan sindrom ini mendapatkan hasil suatu tes untuk memeriksa kemungkinan gen VHL yang abnormal. Untuk orang-orang dengan gen VHL abnormal, dokter mungkin menyarankan cara-cara untuk memperbaiki pendeteksian kanker ginjal dan penyakit-penyakit lain sebelum gejala-gejala berkembang.

Kanker ginjal renal adenocarcinoma atau hypernephroma, transitional cell carcinoma adalah kanker ginjal pada dewasa. Sedangkan pada anak-anak yang sering adalah tumor Wilms.

Kanker ginjal dapat menyebar keluar dari ginjal, sel-sel kanker sering ditemukan di simpul-simpul kelenjar getah bening yang berdekatan, juga mungkin menyebar ke tulang, paru-paru atau hati, bahkan dapat menyebar ke ginjal lainnya (penyebab gagal ginjal).

Renal cell carcinoma (RCC) hypernephroma adalah bentuk kanker yang muncul dari bagian ginjal yang disebut tubulus renal proksimal. Jenis paling umum kanker ginjal pada dewasa, merupakan 80% kasus yang muncul.

Tumor Wilms atau nefroblastoma adalah kanker ginjal yang ditemukan pada anak-anak. Biasanya menyerang usia anak kurang dari 5 tahun, meski kadang ditemukan pada anak lebih besar atau bahkan dewasa. Terjadi pada 1 diantara 200.000-250.000 anak-anak. Penyebab tidak diketahui, diduga karena faktor keturunan. Tumor ini dapat membesar meski tetap berada dalam kapsulnya, bahkan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Penyebab Gagal Ginjal – bersambung

Penyebab Gagal Ginjal (Bagian 7) | Penyebab Gagal Ginjal (Bagian 9)

This entry was posted in Penyakit Ginjal. Bookmark the permalink.