Penyebab Kanker Hati

Faktor Penyebab Kanker Hati

Penyebab kanker hati sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun, kanker hati dapat dikenali dari faktor-faktor yang bisa diidentifikasi. Misalnya dari penyakit yang pernah atau sedang diderita. Berikut adalah penyakit-penyakit yang memungkinkan terjadinya serangan kanker hati :

Hepatitis B Kronis
Terinfeksi hepatitis C
Sirosis pada liver
Diabetes mellitus

Selain dipicu oleh faktor penyakit lain yang terkait, yang pernah ataupun sedang diderita, penyebab utama kerusakan hati adalah :

* Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang (ini adalah penyebab paling utama)
* Tidak buang air besar pada pagi hari
* Pola makan yang terlalu berlebihan
* Tidak pernah makan pagi
* Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan
* Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, dan pemanis buatan
* Sering makan gorengan, terutama jika minyak goreng yang digunakan tidak sehat
* Sering mengkonsumsi masakan mentah atau makanan yang dimasak setengah / tiga per empat matang
* Terinfeksi racun seperti jamur aflatoxin, vinyl chloride, anabolic steroids, dan arsenik
* Kebiasaan merokok

Mengapa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang bisa menjadi penyebab kanker hati? Berikut penjelasannya :

* Malam hari sekitar pukul 21.00 hingga 23.00 adalah saat pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini idealnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai, misalnya masih mencuci piring atau mengawasi anak belajar, tentunya dapat berdampak negatif untuk kesehatan, terutama jika berlangsung terus menerus.

* Malam hari sekitar pukul 23.00 hingga dini hari sekitar pukul 01.00 adalah saat proses de-toxin di bagian hati. Idealnya proses de-toxin harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

* Dini hari sekitar pukul 01.00 hingga 03.00 adalah saatnya proses de-toxin di bagian empedu; idealnya juga harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

* Dini hari sekitar pukul 03.00 hingga 05.00 adalah saatnya de-toxin di bagian paru-paru. Oleh sebab itu, akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, pada waktu itu tidak perlu minum obat batuk untuk mengatasinya. Mengapa? Karena obat batuk dapat merintangi proses pembuangan kotoran.

Mengapa kebiasaan tidak buang air besar di pagi hari bisa menjadi penyebab kanker hati? Sebab pada waktu pagi sekitar pukul 05.00 hingga 07.00 adalah saatnya proses de-toxin di bagian usus besar. Jadi, pada waktu-waktu ini orang seharusnya buang air besar.

Mengapa pula harus makan pagi / sarapan? Sebab pada waktu pagi hari sekitar pukul 07.00 hingga 09.00 adalah waktunya penyerapan gizi makanan bagi usus kecil. Maka orang harus makan pagi di jam-jam ini. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi, yaitu sebelum pukul 06.30. Makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 09.00 atau 10.00 daripada tidak makan sama sekali.

Begitulah alasan dan penjelasannya. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktunya sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Maka wajar jika orang-orang yang gemar begadang setiap malam memang rentan terkena serangan kanker hati ataupun penyakit lain.

Kanker Hati | Gejala Kanker Hati

This entry was posted in Kanker Hati. Bookmark the permalink.