Pola Makan Memengaruhi Kesehatan Otak

Cara lain menghambat otak menjadi sering lupa adalah dengan mengatur asupan nutrisi dalam menu makan Anda sehari-hari. Berikut ini beberapa bahan makanan yang berkhasiat membuat fungsi otak terpelihara dengan baik.

* Tempe

Sebagai salah satu produk olahan kedelai, tempe sangat diandalkan mencegah kerusakan sel-sel yang diakibatkan serangan radikal bebas. Selain itu, kedelai juga memperlancar aliran darah menuju otak. Hal ini disebabkan kandungan flavonoid yang kaya dalam kedelai. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dipercaya mampu menghambat kemunduran daya ingat yang diakibatkan proses penuaan (aging), bahkan membantu memulihkannya. Karena itu, tidak hanya tempe, produk-produk kedelai lainnya seperti tahu dan susu kedelai juga baik guna memelihara fungsi otak.

* Ikan air tawar

Ikan air tawar seperti ikan mas, ikan lele, ikan mujair, dan lainnya banyak mengandung vitamin B6 yang dipercaya mampu memperlambat menurunnya daya ingat termasuk dalam hal berpikir abstrak nonverbal.

* Ikan laut

Ikan laut seperti salmon, gindara, kakap, tuna, dan lainnya sarat dengan asam lemak omega-3 yang mampu melindungi jaringan sel-sel saraf otak. Menurunnya pasokan omega-3 dari makanan sehari-hari akan berdampak menurunnya fungsi otak dalam hal ini kemampuan berpikir.

* Hati

Hati ayam maupun hati sapi mengandung cukup banyak vitamin B12 yang dipercaya mampu membantu mempertahankan kesehatan sel-sel otak. Dengan demikian daya ingat tetap terjaga. Kekurangan vitamin B12 umumnya diderita oleh para lansia, disebabkan menurunnya kemampuan penyerapan vitamin B12 oleh pencernaan. Karena itu, demi menjaga kesehatan otak, perlu asupan vitamin B12 dari makanan sehari-hari atau dari suplemen. Vitamin B12 juga bisa didapat juga dalam daging sapi tanpa lemak, daging ayam, susu, keju, dan telur.

* Bayam

Khusus sayuran ini mengandung kadar zat besi yang bermanfaat mempertahankan daya ingat jangka pendek (misalnya peristiwa yang baru saja diceritakan oleh seorang tema, nomor telepon baru si cucu, dan sebagainya). Zat besi bermanfaat menjaga aktivitas neurotransmitter (yang mengatur komunikasi antar sel-sel saraf otak) tetap baik. Zat besi juga bisa ditemukan dalam kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, kedelai), syuran hijau (daun singkong, daun pepaya, sawi hijau), daging, hasil laut (udang, kerang, kepiting).

* Taoge

Inilah sayuran sumber vitamin E yang sangat vital menghambat menurunnya daya ingat. Banyak riset menyatakan bahwa menurunnya daya ingat berkaitan dengan kekurangan kadar vitamin E dalam darah. Vitamin E adalah salah satu antioksidan kuat yang mampu menghancurkan radikal bebas yang merusak sel-sel termasuk sel-sel otak. Vitamin E dalam kadar cukup juga bisa didapat dari buah alpukat, wijen, kuaci biji bunga matahari, kenari, brokoli, almon.

* Sayuran daun

Sayuran hijau, terutama yang berdaun hijau gelap (seprti sawi hijau, daun katuk, kangkung, bayam, daun pepaya, dan lainnya) sarat akan kadar vitamin B2 yang bermanfaat menjaga kesehatan sel-sel otak, terutama neurotransmitter yang menjaga kelancaran distribusi informasi antarsel otak sehingga daya tangkap otak tetap terjaga baik.

* Buah-buahan

Umumnya buah-buahan merupakan gudang vitamin C, contohnya jeruk, pepaya, stroberi, jambu biji, nanas, belimbing, rambutan, sirsak dan lainnya. Vitamin C adalah salah satu antioksidan unggulan yang menjaga keutuhan sel-sel tubuh termasuk sel-sel otak dari kehancuran yang dilakukan oleh radikal bebas. Karena itu, jelas vitamin C membantu menjaga menurunnya daya ingat bahkan memulihkannya. Kehebatan vitamin C menjadi makin kuat sebagai antioksidan jika dikombinasikan dengan antioksidan lain, seperti vitamin E, koenzim Q10, dan karotenoid.

* Bawang putih

Zat aktifnya, alisin, selain memiliki kemampuan melindungi sel-sel tubuh termasuk sel-sel otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, alisin juga mampu merangsang pertumbuhan percabangan sel-sel otak. Selain dalam bentuk segar, alisin juga tetap aktif dalam bentuk sudah dimasak amupun ekstrak bawang putih. Pemberian ekstrak bawang putih tetap mampu mempertahankan daya ingat termasuk dalam hal menyelesaikan masalah. Alisin juga ditemukan dalam bawang merah dan bawang bombai.

* Wijen

Butir-butir wijen berlimpah mineral seng (zinc) yang mampu membantu mempertajam daya ingat. Unsur seng ini sangat baik dalam hal memelihara fungsi sel-sel saraf. Dalam banyak riset menyebutkan bahwa kekurangan unsur seng dalam darah menyebabkan gangguan daya ingat. Unsur seng juga meningkatkan penyerapan bitamin B6 yang dibutuhkan otak untuk menjaga kemampuan berpikir abstrak. Unsur seng juga ditemukan dalam makanan laut (kepiting, kerang), daging ayam, daging sapi tanpa lemak.

Nah, kini Anda dapat menyusun menu sehari-hari untuk kesehatan otak dan menghambat kepikunan berdasarkan nutrisi-nutrisi penting antilupa tersebut.

Brain Gym | Sulit Tertidur Pada Malam Hari

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.