Saat bagi Anda untuk Berpikir Menggunakan Pengobatan Komplementer dan Alternatif

Saat kapanpun Anda berada dalam masa perawatan migrain, Anda dapat memutuskan untuk berkonsultsi dengan praktisi CAM. Mencari bantuan profesional untuk migrain seringkali menjadi tugas yang besar dan menyulitkan. Ingat, ini adalah kesehatan Anda dan tim yang terdiri dari tenaga profesional yang mengobati migrain Anda. Memutuskan kapan atau bagaimana menemukan dokter medis, praktisi CAM, atau terapis sangatlah individual dan pilihan pribadi. Sementara pengobatan spesifik dapat bekerja pada seorang penderita migrain, namun mungkin hal itu tidak meredakan bagi penderita lainnya. Respons pasien terhadap pengobatan konvensional dan alternatif juga sangat individual, dan seringkali melalui percobaan dan kegagalan, hingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan pengobatan tertentu. Dari seluruh terapi dan penyedia layanan  kesehatan yang Anda gunakan (tradisional atau alternatif), akhirnya Anda akan membuat keputusan terakhir pada tingkat kenyamanan Anda.

Semakin banyak orang-orang menggunakan CAM sebagai pengobatan bergam jenis gangguan medis dan psikologis. Berdasrkan penelitian terkini yang mengukur mengenai penggunaan CAM, 42% dari masyarakat AS pernah berkonsultasi dengan praktisi pengobatan komplementer dan alternatif. Orang-orang menggunakan CAM dengan berbagai alasan. Terkadang mereka menemukan pengobatan konvensional tidak efektif atau sistem layanan kesehatan terlalu impersonal dan dilembagakan. Seringkali mereka menggunakan CAM sebagai tambahan pengobatan medis standar. Dokter Anda mungkin merekomendasikan Anda untuk mencoba menggunakan pendekatan alternatif dalam mencegah atau mengobati migrain Anda, atau mungkin Anda memutuskan sendiri. Bagaimanapun juga, ketika berpikir menggunakan pendekatan komplementer dan alternatif, sangat bijak untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Ketika mempertimbangkan pendekatan alternatif untuk pengobatan migrain Anda, sangat penting untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait dengan pengobatan yang Anda cari. Ide ini bisa muncul setelah konsultasi dengan dokter Anda atau pelayanan kesehatan profesional lainnya, atau melalui perolehan informasi dari sumber tertulis atau online yang tersedia. Salah satu sember terbaik untuk memulai adalah National Institute of Health’s National Center for Complementary and Alternative Medicine, yang menyediakan rincian gambaran dari pengobatan alternatif dan informasi tentang bagaimana menilai kualitas informasi online yang Anda terima.

Ketika merenungkan penggunaan CAM, ada beberapa pertimbangan penting yang harus dilakukan terkait dengan praktisi dan pendekatan pengobatan. Ketika menandatangani praktisi, beberapa pertanyaan yang harus dipertimbangkan antara lain :
* Apakah praktisi tersebut memiliki izin atau sertifikat dalam bidang yang ditekuninya?
* Apakah peraturan, kualifikasi dan standar untuk seseorang yang mempraktikkan pendekatan ini?
* Apakah latar belakang pendidikan praktisi tersebut?
* Apakah praktisi itu menjaminkan hasil pengobatannya dan apakah terdengar tidak masuk akal?
* Apakah saya merasa nyaman dengan praktisi ini untuk membantu pengobatan saya?

Jika Anda merasakan tidak dapat mendapatkan jawaban yang memadai terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda harus melanjutkan dengan hati-hati dan/atau berkonsultasi dengan orang lain. Sebagian besar pendekatan terapeutik memiliki kualifikasi rinci mengenai seseorang yang harus memiliki keahlian praktik tertentu.

Ketika memperoleh informasi terkait dengan terapi tertentu, pertanyaan yang harus Anda tanyakan adalah :
* Apakah ada bukti pendukung terapi ini untuk migrain?
* Bagaimana kualitas dari bukti tersebut?
* Apakah hsil pembuktian itu dipublikasikan setelah ditinjau oleh rekan medis dan profesional?
* Apakah dokter saya menyetujui pengobatan tersebut?
* Seberapa aman pengobatan ini?
* Apakah risiko dari terapi ini?
* Apakah termasuk invasif?
* Apakah terapi ini menjanjikan pengoabtan yang cepat untuk migrain atau manajemen yang efektif? (Manajemen efektif seperti tujuan yang lebih masuk akal).

Jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut harus diperoleh sebelum memuliau atau melanjutkan pengobatan.

Banyak dari pendekatan yang digunakan dalam CAM sangat aman dan memainkan peranan penting dalam pengobatan migrain Anda. Sangat tidak bijak untuk menganggap bahwa satu pendekatan saja akan mampu mengatasi atau satu-satunya terapi yang Anda gunakan untuk migrain Anda. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda dan gunakan praktik alternatif sebagai bagian dari pendekatan pengobatan yang terintegrasi dan efektif.

Obat-obatan Komplementer dan Alternatif untuk Migrain | Akupunktur Membantu Pengobatan Migrain

This entry was posted in Migrain. Bookmark the permalink.