Sehat tanpa Obat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat tidak harus selalu makanan mewah atau mahal, tetapi lebih mengedepankan gizi yang seimbang. Terkadang, justru sebaliknya, makanan yang mahal malah tidak mengandung gizi yang seimbang. Untuk itu, Anda bisa menyimak beberapa hal yang penting dalam makanan sehat seperti berikut ini.

A. Gizi Seimbang

Gizi seimbang merupakan pedoman dalam mengonsumsi makanan yang sehat sehingga aman untuk mempertahankan gizi yang optimal. Oleh karena itu, perlu pengetahuan mengenai gizi guna mempertahankan gizi dengan sebaik-baiknya sehingga menunjang penyembuhan dan mengurangi kekambuhan penyakit pada diri Anda.

Dalam membicarakan masalah gizi seimbang, kita selalu dikaitkan dengan istilah kuantitas dan kualitas. Kuantitas adalah jumlah konsumsi makanan atau kalori yang diberikan, sedangkan kualitas merupakan kelengkapan zat gizi yang ada di dalamnya, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Kuantitas makanan diharapkan sesuai dengan kebutuhan yang mengacu pada umur, jenis kelamin, keadaan hamil / tidak, dan kegiatan yang dijalani (dapat dilihat dari daftar kecukupan gizi / RDA). Sementara itu, komposisinya adalah 50 – 60% hidrat arang, 15 – 20 % protein, dan 20 – 25% lemak. Kemudian, kebutuhan kalori untuk wanita berusia 20 – 39 tahun yang bekerja adalah 2000 kalori dan 55 gram protein.

Adapun kualitas makanan mengacu pada slogan lama, yaitu 4 sehat 5 sempurna yang meliputi konsumsi nasi, lauk hewani maupun nabati, sayur, buah, dan susu. Semua jenis makanan tersebut mengandung zat gizi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

B. Pesan Dasar Gizi Seimbang

Pesan dasar gizi seimbang merupakan pedoman yang disusun di dalam penyuluhan gizi guna menghadapi masalah kekurangan dan kelebihan gizi (kegemukan). Adapun pesan gizi seimbang tersebut adalah sebagai berikut :
a. Makanlah aneka ragam makanan.
b. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi.
c. Makanlah sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi (50%).
d. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai 1/4 dari kebutuhan energi (25%).
e. Gunakan garam beriodium.
f. Makanlah makanan sumber zat gizi.
g. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 4 bulan.
h. Biasakan makan pagi.
i. Minumlah air bersih dan cukup jumlahnya.
j. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur.
k. Hindari minuman beralkohol.
l. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan.
m. Bacalah label makanan yang dikemas.

Dengan adanya, pesan dasar gizi seimbang diharapkan mampu mempengaruhi setiap orang Indonesia untuk selalu mengonsumsi hidangan tradisional yang sehat, seimbang, dan aman untuk mempertahankan gizi yang optimal.

Peran Masyarakat terhadap Obat Ilegal |

This entry was posted in Hidup Sehat Tanpa Obat. Bookmark the permalink.