Tahapan Menopause

Empat Tahapan Menopause

Secara medis, kata menopause mengacu pada tanggal menstruasi terakhir. Gejala menopause terjadi sebelum dan sesudah menopause yang sebenarnya yang disebut klimakterium. Jadi, sebelum benar-benar terjadi menopause atau mati haid ada beberapa tahapan. Berikut ini empat tahapan menopause alami dilihat dari sisi fisik.

1. Pramenopause

Mengacu pada kondisi wanita yang berada di ambang menopause. Menstruasi sudah mulai tidak teratur, namun belum muncul tanda-tanda klasik gejala menopause, seperti hot flashes atau semburan panas, kekeringan vagina, dan lainnya. Pramenopause biasanya dialami oleh wanita pada usia 40-an. Kondisi masih subur, artinya masih bisa hamil.

2. Perimenopause

Mengacu pada kondisi wanita di sekitar pincak proses menopause. Menstruasi mulai kacau, kadang datang, kadang tidak. Dan datangnya dengan waktu yang tidak teratur. Volume darah pun kadang banyak membanjir, kadang hanya berupa vlek. Pada tahap ini Anda sudah mengalami semburan panas, insomnia, berkeringat di malam hari, dan gejala-gejala lainnya. Perimenopause terjadi sekitar dua tahun sebelum menstruasi terakhir sampai sekitar dua tahun sebelum menstruasi terakhir sampai sekitar dua tahun sesudahnya. Dialami oleh wanita pada usia 50-an.

3. Menopause

Dimulai setelah menstruasi terakhir. Dan ini ditentukan setelah menstruasi berhenti selama 12 bulan. Sangat penting Anda mencatat tanggal terakhir menstruasi karena jika terjadi perdarahan vagina dalam jangka waktu satu tahun sejak tanggal tersebut, dianggap tidak normal. Oleh karena itu, Anda harus memeriksakan diri ke dokter ahli kandungan. Pada tahap ini Anda akan mengalami vagina kering (atrofi) sehingga terjadi iritasi, sulit menahan kencing (urinary incontinence), berkurangnya libido, suasana hati berubah-ubah dan sensitif, dan sebagainya.

4. Pascamenopause

Ini setidaknya dialami oleh wanita setelah empat tahun tidak menstruasi sampai akhir hidupnya. Jadi, begitu Anda melewati tahap pascamenopause, berarti Anda tidak akan menstruasi lagi dalam sisa umur Anda. Untuk mudahnya, Anda telah memasuki periode menopause.

Seyogyanya menopause terjadi pada usia sekitar 50-an, dengan didahului gejala-gejala 2 atau 3 tahun sebelumnya. Namun belakangan ini, faktor lingkungan menyebabkan masa pramenopause muncul jauh lebih awal, yaitu 5 – 10 tahun sebelum menopause yang sebenarnya. Menopause pun terjadi pada usia lebih muda, yaitu 48 – 50 tahun. Dampak lingkungan hidup sekarang ini sungguh tidak baik bagi keseimbangan hormon wanita sehingga masa pramenopause dan perimenopause terjadi lebih cepat. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kini pada usia 30-an wanita sudah mengalami penurunan atau ketidakseimbangan hormonal. Sejumlah 50% wanita usia 30 – 35 tahun sudah mengalami penurunan hormon estrogen.

Andropause | Polusi Penyebab Menurunnya Produksi Hormon Estrogen

This entry was posted in Menopause. Bookmark the permalink.